Persepsi mahasiswa tentang pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar (studi pada mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2005/2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Yudha Purna - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa tentang pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar (studi pada mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2005/2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Yudha Purna

Yudha Purnama Hadi Putra (2009) Persepsi mahasiswa tentang pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar (studi pada mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2005/2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Yudha Purna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman saat ini menuntut kita untuk lebih giat dan terus membekali diri dengan ilmu pengetahuan sehingga dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui lembaga pendidikan. Perkembangan pesat dalam segala bidang menuntut lembaga pendidikan mampu bersaing dalam menghadapi segala kemajuan. Sehingga perbaikan dalam sektor pendidikan sangat dibutuhkan. Pendidikan yang baik merupakan pendidikan yang dapat mencapai tujuan yang diharapkan oleh bangsa. Oleh karena itu tanggung jawab peningkatan mutu dalam bidang pendidikan bukan hanya ada di tangan pemerintah saja melainkan semua pihak memilik tanggung jawab bersama baik antara pemerintah sekolah masyarakat maupun tanggung jawab keluarga. Perguruan tinggi sebagai salah satu jalur pendidikan formal tertinggi dalam bidang pendidikan jelas membutuhkan lingkungan belajar dan fasilitas belajar yang dapat mendukung prestasi belajar pada peserta didik. Dengan kelengkapan fasilitas belajar diharapkan mahasiswa atau peserta didik dapat mengembangkan dirinya dan mengikuti perkembangan IPTEK yang semekin canggih. Sehingga kualitas dan prestasi belajar mahasiswa dapat dipertanggung jawabkan dengan baik yang dihasilkan dalam bentuk nilai yaitu KHS (Kartu Hasil Studi). Perhatian dari orang tua dalam hal ini adalah lingkungan keluarga sangat diperlukan dalam penyelesaikan fasilitas belajar sehingga dapat menimbulkan sikap kreatif dan kreatifitas peserta didik dalam menjalani menemukan pengetahuan yang dicari dalam proses belajar mengajar yang nantinya tercipta motivasi pada diri peserta didik dalam mengikuti pelajaran. Dukungan yang diberikan keluarga berupa fasilitas belajar dirumah sangat memudahkan peserta didik untuk mencapai prestasi yang diharapkan. Hasil belajar yang telah dijalani selama proses belajar mengajar sanga penting fungsinya untuk menentukan langkah selanjutnya dimasa yang akan datang. Sehingga peserta didik akan berusaha semaksimal mungkin mendapatkan nilai atau hasil yang baik sesuai dengan harapan dan keinginan bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang (1) Kondisi lingkungan belajar mahasiswa program studi S-1 Pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2005/2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) Kondisi fasilitas belajar mahasiswa program studi S-1 Pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2005/2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (3) Kondisi prestasi belajar mahasiswa program studi S-1 Pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2005/2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (4) Pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun secara simultan mahasiswa program studi S-1 Pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2005/ 2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan kondisi lingkungan belajar (X1) fasilitas belajar (X2) dan prestasi belajar (Y). Teknik analisis regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi belajar mahasiswa (Y). Dari hasil penelitian diketahui bahwa 42% (22 responden) menyatakan bahwa kondisi lingkungan belajar dalam keadaan baik. Untuk variabel fasilitas belajar diketahui bahwa 35% (18 responden) menyatakan dalam keadaan baik. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kondisi prestasi belajar mahasiswa program studi S-1 Pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2005/2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 46% (24 responden) memiliki nilai atau hasil belajar dengan baik atau sangat memuaskan. Secara parsial lingkungan belajar (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa (Y) karena terbukti nilai Sig t 0 000 0 05. Untuk variabel fasilitas belajar (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa (Y) karena terbukti nilai Sig t 0 032 0 05. Dari hasil uji parsial diketahui bahwa variabel yang mempunyai pengaruh lebih besar atau dominan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S-1 Pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2005/ 2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang adalah variabel lingkungan belajar (X1) dengan peluang kesalahan 5% terlihat bahwa nilai Sig t dibawah 0 05. Sedangkan nilai Sumbangan Efektif (SE) untuk fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah 49%. Secara simultan variabel lingkungan belajar fasilitas belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S-1 Pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2005/2006 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang terbukti nilai Sig F 0 000 0 05. Dari hasil analisis diketahui 52 7% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan fasilitas belajar. Sedangkan sisanya 47 3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Lingkungan belajar yang nyaman tenang dan kondusif merupakan salah satu tujuan dan harapan semua pihak khususnya para mahasiswa. Oleh sebab itu lingkungan yang mendukung diharapkan tetap terus terwujud karena memiliki dampak positif terhadap keberhasilan suatu pendidikan. Selain itu dengan keadaan lingkungan yang tenang dan nyaman mahasiswa dapat belajar dan menjalankan aktivitas perkuliahan dengan semangat sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap nilai hasil belajar. Sedangkan untuk fasilitas belajar yang merupakan atau memiliki pengaruh yang terkecil dalam penelitian ini diharapkan mampu dan terus memberikan suatu pelayanan maupun fasilitas yang memadai untuk menunjang tercapainya perkuliahan yang baik. Fasilitas belajar merupakan salah satu penunjang pendidikan yang tidak dapat diabaikan begitu saja karena dapat berdampak terhadap proses perkuliahan. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil nilai studi yang menunjukkan tingkat yang baik atau sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28606

Actions (login required)

View Item View Item