Implementasi pembelajaran kontekstual metode questioning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-APK 1 dalam penguasaan materi manajemen perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang / Endah Dwi Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kontekstual metode questioning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-APK 1 dalam penguasaan materi manajemen perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang / Endah Dwi Purwanti

Endah Dwi Purwanti (2009) Implementasi pembelajaran kontekstual metode questioning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-APK 1 dalam penguasaan materi manajemen perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang / Endah Dwi Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan telah banyak dilakukan oleh pemerintah antara lain dengan jalan melengkapi sarana dan prasarana meningkatkan kualitas tenaga pengajar serta pengembangan dan perbaikan kurikulum. Salah satu solusi konkrit yang dapat dilakukan guru adalah dengan menerapkan metode-metode belajar yang lebih memberikan kesempatan pada siswa untuk menggunakan semua potensi yang dimiliki dan mengembangkan kemampuan siswa yaitu dengan pembelajaran kontekstual metode Questioning. Pembelajaran kontekstual metode Questioning merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk mendorong membimbing dan menilai kemampuan berfikir siswa dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual metode Questioning respon siswa dalam pembelajaran kontekstual metode Questioning dan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran tersebut merupakan upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK 1 SMK Ardjuna 2 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi serta analisis dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan II sesuai dengan rencana pembelajaran (RPP) dengan metode Questioning. Materi yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini adalah materi Pengertian Fungsi dan Aktivitas Manajemen Perkantoran. Penelitian dilaksanakan di SMK Ardjuna 2 Malang pada semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Subjek penelitian ini adalah kelas X (sepuluh) Administrasi Perkantoran 1 (satu) terdiri dari 33 (tiga puluh tiga) siswa dan 1 (satu) guru mata pelajaran Manajemen Perkantoran. Data yang diperoleh meliputi (1) pelaksanaan pembelajaran kontekstual metode Questioning dan (2) hasil belajar siswa. Prosedur pengumpulan data melalui observasi wawancara tes catatan lapangan dan angket. Hasil Penelitian penerapan pembelajaran kontestual metode Questioning pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Ardjuna 2 Malang adalah sebagai berikut (1) Pada siklus I diketahui bahwa hasil pre test siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 15 81 dengan standar deviasi sebesar 15 16. Diperoleh nilai terendah adalah 5 dan nilai tertinggi adalah 54. Sedangkan dari perolehan nilai post test siswa dihasilkan nilai rata-rata sebesar 48 03 dengan standar deviasi sebesar 14 31. Nilai terendah yang diperoleh adalah 25 dan nilai tertinggi adalah 83. Tingkat keaktifan siswa pada tindakan siklus I dalam kategori A- dengan presentase rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran sebesar 84 51%. Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual metode Questioning yang dikolaborasikan dengan model Snowball Throwing pada tindakan siklus I ini dengan presentase 92 85%. Hal ini dapat diartikan bahwa berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pengamat taraf keberhasilan kegiatan penelitian termasuk dalam kategori A . (2) Dalam siklus II nilai rata-rata pre test siswa sebesar 38 76 dengan standar deviasi sebesar 12 11. Diperoleh nilai terendah adalah 2 dan nilai tertinggi adalah 46. Sedangkan dalam post test siklus II dihasilkan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 83 23 dengan standar deviasi sebesar 8 12. Diperoleh nilai terendah adalah 51 dan nilai tertinggi adalah 90. Tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran sebesar 96 19% atau termasuk dalam kategori A . Sedangkan hasil observasi terhadap aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran kontekstual metode Questioning yang dikolaborasikan dengan model Snowball Throwing pada tindakan siklus II ini diperoleh presentase sebesar 96 43%. Hal ini dapat diartikan bahwa berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pengamat taraf keberhasilan kegiatan penelitian termasuk dalam kategori A . Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan oleh peneliti adalah sebagai berikut (1) pembelajaran kontekstual dengan metode Questioning sangat bermanfaat bagi siswa karena metode tersebut telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran manajemen perkantoran sehingga pembelajaran kontekstual metode Questioning yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran Snowball Throwing dapat diterapkan oleh guru lain pada mata pelajaran yang berbeda (2) pada saat pelaksanaan pembelajaran hendaknya guru lebih memotivasi siswa dan mengajukan lebih banyak pertanyaan mulai dari pertanyaan yang sederhana sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28604

Actions (login required)

View Item View Item