Pelaksanaan pembelajaran kontekstual model inkuiri pada mata diklat mengikuti prosedur K3 (siswa kelas 1 APK 1 SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo) / Nur Masfufah Hanim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran kontekstual model inkuiri pada mata diklat mengikuti prosedur K3 (siswa kelas 1 APK 1 SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo) / Nur Masfufah Hanim

Nur Masfufah Hanim (2009) Pelaksanaan pembelajaran kontekstual model inkuiri pada mata diklat mengikuti prosedur K3 (siswa kelas 1 APK 1 SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo) / Nur Masfufah Hanim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar merupakan suatu proses perubahan di dalam diri seseorang yang berupa ilmu pengetahuan (dari tidak tahu menjadi tahu) perubahan tingkah laku atau sikap dan mental seseorang. Belajar terkait dengan pendidikan karena dalam pendidikan terdapat proses interaksi yang memungkinkan terjadinya belajar sedangkan pendidikan terkait dengan kegiatan pembelajaran yang nantinya dapat membentuk kemampuan pada diri siswa. Dalam taksonomi tujuan pengajaran kemampuan di klasifikasikan menjadi 3 aspek yaitu kognitif afektif psikomotorik. Pada penelitian ini difokuskan pada hasil belajar kognitif yang meliputi pengetahuan pemahaman aplikasi analisis sintesis dan evaluasi. Dengan penerapan pembelajaran kontekstual model inkuiri diharapkan hasil elajar kognitif siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan pembelajaran kontekstual model inkuiri pada Mata Diklat Mengikuti Prosedur K3 2) hasil belajar kognitif siswa kelas 1 APK 1 SMK Negeri 2 Buduran-Sidoarjo pada Mata Diklat Mengikuti Prosedur K3 dengan menggunakan pembelajaran kontekstual model inkuiri dan 3) Perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang mendapat pembelajaran kontekstual model inkuiri dengan hasil belajar kognitif siswa yang mendapat pembelajaran konvensional pada Mata Diklat Mengikuti Prosedur K3 pada siswa kelas 1 APK SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap analisis data serta pelaporan. Penelitian dilaksanan di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo dengan subjek penelitian siswa kelas 1 APK 1. Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata tes awal siswa sebesar 41 65 dan nilai rata-rata tes akhir 71 33. Pelaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan. Selama pembelajaran siswa telihat antusias aktif dan bersemangat sampai jam pelajaran berakhir. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual model inkuiri dilaksanakan selama 3 pertemuan siswa dilibatkan pada proses inkuiri secara individu dan pada proses inkuiri secara bekerjasama dengan kelompok. Metode yang digunakan yaitu ceramah tanya jawab inkuiri dan diskusi. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung siswa terlihat antusias dan aktif mengikuti pelajaran sampai jam pelajaran berakhir. Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kontekstual model inkuiri dilihat dari 3 aspek tingkat minat siswa tingkat keaktifan siswa dan tingkat kebermaknaan. Ketiga aspek tersebut memiliki kriteria positif . Hasil belajar kognitif siswa dengan pembelajaran kontekstual model inkuiri yaitu sebesar 71 33. Indikator lain juga menunjukkan bahwa pada pembelajaran kontekstual model inkuiri siswa terlihat antusias bersemangat dan aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil belajar kognitif siswa yang mendapat pembelajaran kontekstual model inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar kognitif siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Saran yang dapat diberikan yaitu guru dapat menerapkan pembelajaran kontekstual model inkuiri pada Mata Diklat Mengikuti Prosedur K3 untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan memperhatikan kelebihan dan kelemahan dari model inkuiri. Dalam penerapan pembelajaran kontekstual model inkuiri guru diharapkan dapat memainkan peranannya sebagai pendamping pengarah pembimbing dan fasilitator bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini terbatas pada hasil belajar kognitif sehingga disarankan pada peneliti yang akan melakukan penelitian sejenis perlu dilakukan penelitian untuk jenis hasil belajar yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28603

Actions (login required)

View Item View Item