Penerapan penilaian portofolio pada mata diklat menangani surat masuk dan surat keluar untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas III APK di SMKN 1 Lamongan / Anis Mufarrohah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan penilaian portofolio pada mata diklat menangani surat masuk dan surat keluar untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas III APK di SMKN 1 Lamongan / Anis Mufarrohah

Anis Mufarrohah (2009) Penerapan penilaian portofolio pada mata diklat menangani surat masuk dan surat keluar untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas III APK di SMKN 1 Lamongan / Anis Mufarrohah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Portofolio merupakan model penilaian yang masih tergolong baru dan belum banyak diterapkan di sekolah-sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran menangani surat masuk dan surat keluar faktor pendorong dan penghambat serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan penilaian portofolio keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan penilaian portofolio serta tanggapan siswa terhadap penilaian portofolio. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dokumentasi angket dan kajian pustaka. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data secara induktif. Adapun materi dalam penelitian ini adalah menerima dan mendistribusikan surat masuk dan surat keluar dengan buku agenda dan kartu kendali yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dari penelitian ini ditemukan bahwa tindakan yang dilakukan dalam menerapkan penilaian portofolio pada pembelajaran menangani surat masuk dan surat keluar adalah 1) guru mengenalkan portofolio kepada siswa dengan cara memberi handout portofolio 2) peneliti melaksanakan pembelajaran yang diarahkan pada pemberian tugas tersebut 3) guru memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas portofolionya 4) guru menyampaikan kepada siswa tentang waktu pengumpulan portofolio 5) guru meminta siswa mengumpulkan 5 tugas portofolio yang telah diberikan dalam 1 bendel portofolio menangani surat masuk dan surat keluar 6) portofolio yang sudah terkumpul dinilai oleh guru dengan menggunakan rubrik skoring yang sudah ditetapkan 7) setelah semua portofolio dinilai oleh guru portofolio dikembalikan lagi ke siswa dengan disertai komentar pada masing-masing bahan portofolio. Adapun faktor pendorong dalam pelaksanaan penilaian portofolio adalah 1) SMK Negeri 1 Lamongan sebagai salah satu SMK favorit sudah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai 2) guru memiliki hak otonomi mengajar 3) jumlah siswa kelas III APK di SMK Negeri 1 lamongan cukup ideal untuk dapat diterapkannya penilaian portofolio dan siswa memiliki kepercayaan bahwa kerja keras yang mereka lakukan dengan membuat portofolio yang terbaik akan mendapatkan penghargaan yang baik pula dari guru. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan penilaian portofolio adalah 1) memerlukan kerja dan waktu ekstra 2) proses adaptasi masih sangat dibutuhkan 3) adanya siswa yang mencontek hasil pekerjaan portofolio temannya meskipun sudah ada pengawasan dari guru. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan penilaian portofolio adalah 1) membuat rubrik penilaian yang detail dan memberikan penilaian kepada portofolio siswa sesegera mungkin 2) memberikan pemahaman kepada siswa mengenai penilaian portofolio 3) untuk mencegah adanya siswa yang mencontek hasil pekerjaan temannya tindakan yang dilakukan adalah (a) menginstruksikan portofolio harus dikerjakan di kelas (b) meyakinkan kepada siswa bahwa apa yang dituntut dari mereka adalah sesuai dengan tingkat kemampuannya (c) memberi petunjuk yang sangat jelas dan tidak mendua. Sedangkan dari hasil belajar siswa dengan model penilaian portofolio keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II berdasarkan hasil observasi terhadap kegiatan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II dalam. Pada nilai ulangan harian siklus I nilai rata-rata siswa adalah 87 82 Sedangkan pada ulangan harian siklus II nilai rata-rata siswa adalah 92 7. Demikian juga nilai portofolio siswa pada siklus I adalah 82 02 dan pada siklus II meningkat menjadi 90 1. Tanggapan siswa terhadap penilaian portofolio sangat beragam dan cukup positif. Dari hasil kuesioner siklus I maupun siklus II menunjukkan sebagian besar siswa menganggap bahwa dengan penerapan penilaian portofolio dapat mengukur kemampuan mereka sendiri terhadap materi yang sudah dipelajari dimana pada siklus I ada 67 7% responden dan 73 8% responden pada siklus II. Adapun saran yang dapat dikemukakan adalah sebagai berikut 1) untuk mengatasi siswa yang malas atau tidak mengumpulkan portofolio tepat pada waktunya sebaiknya guru setiap pertemuan mengecek portofolio siswa dan memberi poin tambahan bagi siswa yang rajin mengerjakan tugas-tugas yang dimasukkan ke portofolio 2) penilaian portofolio hendaknya dilakukan setidaknya selama satu semester agar siswa dapat melakukan seleksi terhadap hasil karyanya yang akan dimasukkan ke dalam portofolio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28600

Actions (login required)

View Item View Item