Penerapan pembelajaran tematik dalam mengenang bagian-bagian tumbuhan kelas III MI Ma'arif Sukun I Malang / Ruziati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran tematik dalam mengenang bagian-bagian tumbuhan kelas III MI Ma'arif Sukun I Malang / Ruziati

Ruziati (2012) Penerapan pembelajaran tematik dalam mengenang bagian-bagian tumbuhan kelas III MI Ma'arif Sukun I Malang / Ruziati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penerapan pembelajaran tematik bagian-bagian tumbuhan. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik harus memiliki keterhubungan dengan mata pelajaran yang lainnya tujuannya adalah agar proses yang terjadi pada anak usia dini dapat terjadi secara utuh. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik dalam memberikan pengetahuan secara utuh bagi siswa dan pengalam bermakna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Data penelitian berupa deskripsi pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan metode kerja kelompok metode pemberian tugas dan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah dalam mengenalkan bagian-bagian tumbuhan kepada siswa kelas III. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh enam kesimpulan sebagai berikut. Pertama penerapan pembelajaran tematik di MI Ma arif Sukun I Malang dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Kedua penerapan pembelajaran tematik dalam mengenal bagian-bagian tumbuhan pada kelas III dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketiga dengan menerapkan pembelajaran tematik kemampuan belajar siswa MI Ma arif Sukun I Malang dalam mengenal bagian-bagian tumbuhan mengalami peningkatan. Keempat lingkungan sekitar mampu memberikan pengalaman bermakna bagi siswa kelas III MI Ma arif Sukun I Malang. Kelima penggunaan tema dalam menyampaikan materi pelajaran memberikan pengetahuan secara utuh bagi siswa pengetahauna yang diperoleh siswa tidak terpecah-pecah. Keenam lingkungan belajar yang memberikan kebebasan bagi siswa dalam mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan baru akan meningkatkan konsentrasi siswa terhadap materi yang dipelajarinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item