Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas viii pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Nasional Malang / Faiz Mujaddid</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas viii pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Nasional Malang / Faiz Mujaddid</p>

Mujaddid, Faiz (2023) Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas viii pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Nasional Malang / Faiz Mujaddid</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (Group Investigation) dengan menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Mc. Taggart dan Kemmis guna mengetahui tingkat kerjasama siswa dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh Mc. Taggart dan Kemmis. Peneliti melakukan penelitian di SMP Nasional Malang dengan mengikutsertakan 22 orang siswa dalam dua tahapan siklus antara lain yaitu siklus I dan II. Peneliti juga melaksanakan 3 kali pertemuan di setiap tahapan siklusnya. Untuk menganalisis data pada penelitian ini Peneliti menggunakan teknik perhitungan secara deskriptif komparatif. Teknik tersebut dilakukan dengan membandingkan antara ketercapaian hasil belajar yang didapatkan oleh siswa yang dilihat dari siklus I sampai dengan siklus II. Hasil yang didapatkan pada siklus I yaitu kemampuan kerjasama siswa meningkat sebesar 18 18% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 77 26%. Perolehan nilai belajar siswa pada tahapan siklus I memperoleh peningkatan sebesar 22 72% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86 36%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Nasional Malang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi sistem persamaan linear dua variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285993

Actions (login required)

View Item View Item