Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang dalam materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai / Cindy Wahyu Griselda</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang dalam materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai / Cindy Wahyu Griselda</p>

Griselda, Cindy Wahyu (2023) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumpang dalam materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai / Cindy Wahyu Griselda</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini menerapkan pendekatan saintifik untuk menunjang kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tumpang yang melibatkan 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Adapun data yang diambil dalam penelitian ini yaitu hasil tes akhir pada setiap siklus dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini merupakan kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik dengan kegiatan inti 5M yaitu mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Indikator kemampuan berpikir kritis antara lain (1) Siswa mampu mengamati suatu masalah secara menyeluruh (2) Siswa mampu menafsirkan dan menganalisis informasi yang diterima (3) Siswa mampu menyelesaikan masalah yang dihadirkan (4) Siswa mampu menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang diterima dengan alasan yang tepat. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada siklus I dinyatakan belum maksimal karena indikator keberhasilan belum tercapai sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan sehingga dinilai cukup baik untuk diterapkan di dalam kelas. Kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode pembelajaran pendekatan saintifik dapat dinyatakan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Tumpang Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 08:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285987

Actions (login required)

View Item View Item