Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar (studi pada siswa kelas II dan III Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang) / Santi Anitaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar (studi pada siswa kelas II dan III Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang) / Santi Anitaningtyas

Santi Anitaningtyas (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar (studi pada siswa kelas II dan III Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang) / Santi Anitaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga pendidikan formal adalah sekolah yang didalamnya faktor guru memegang peranan penting dalam pelaksanaan proses pendidikan. Melihat pentingnya peranan guru maka ia harus benar-benar menguasai keterampilan mengajar. Melalui keterampilan mengajar tersebut guru dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan berbagai cara sehingga siswa bergairah dan tekun belajar. Timbulnya motivasi belajar siswa dikelas salah satunya dipengaruhi oleh adanya persepsi siswa terhadap kemampuan atau keterampilan guru dalam mengajar. Hal ini akan berakibat terhadap nilai yang diperoleh siswa di akhir kegiatan belajar mengajar. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti ingin membantu mengembangkan pendidikan menengah kejuruan di SMK Ardjuna 02 Malang dengan mengadakan penelitian yang mengungkapkan apakah terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research sedangkan berdasarkan tingkat explanasinya adalah penelitian Assosiatif. Analisis yang digunakan adalah path analysis. Variabel dalam penelitian ini meliputi persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar ( ) sebagai variabel bebas motivasi belajar ( ) sebagai variabel intervening dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II dan III program studi Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 02 Malang tahun ajaran 2007/2008 yang masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Karena jumlah populasi yang kecil maka seluruh penelitian ini dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa pengaruh positif secara langsung yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap motivasi belajar sebesar 0 521 dan mempunyai nilai t hitung sebesar 4 484. Persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar berpengaruh positif secara langsung yang signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 0 209 dan mempunyai nilai t hitung sebesar 2 553. Motivasi belajar berpengaruh positif secara langsung yang signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 0 501 dan mempunyai nilai t hitung sebesar 4 032. Sedangkan persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar berpengaruh positif secara tidak langsung yang signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebesar 0 261. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diajukan kepada SMK Ardjuna 2 Malang sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa adalah sekolah hendaknya mengadakan pelatihan atau seminar yang berhubungan dengan keterampilan guru mengajar dan guru harus lebih kreatif lagi dalam menciptakan suatu kreasi atau cara pembelajaran yang menyenangkan. Bagi penelitian selanjutnya yang berminat melakukan penelitian dengan topik yang sama diharapkan dapat mengambil populasi yang lebih besar dari populasi penelitian ini dan dapat dilakukan di sekolah kejuruan yang berbeda. Sehingga hasil penelitian nantinya dimaksudkan dapat dijadikan bahan pertimbangan mengenai keterampilan guru mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28598

Actions (login required)

View Item View Item