Ardiyanti, Fidela Sahda (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif articulate storyline berorientasi asesmen kompetensi minimum (akm) pada materi bangun datar / Fidela Sahda Ardiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada materi bangun datar yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick amp Carey (1996). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMPN 1 Pakis yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Hasil analisis kevalidan media ini dinyatakan valid yang menunjukkan rata-rata kevalidan media sebesar 87 8% kevalidan materi sebesar 85 75% dan kevalidan soal tes sebesar 88 9%. Hasil kepraktisan media dinyatakan praktis berdasarkan hasil respon siswa dan guru yang memperoleh persentase ge 70% pada setiap butir pernyataannya. Hasil analisis keefektifan media ini didapatkan berdasarkan pengerjaan soal tes materi bangun datar berorientasi AKM. Sebanyak 85 3% siswa memperoleh nilai di atas 65 sehingga memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian media pembelajaran interaktif Articulate Storyline berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada materi bangun datar dinyatakan valid praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matei bangun datar. Sehingga media ini layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 01:41 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/285974 |
Actions (login required)
View Item |