Pengembangan media pembelajaran berbasis geogebra classroom pada materi aplikasi integral luas daerah / Aiga Elmahira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis geogebra classroom pada materi aplikasi integral luas daerah / Aiga Elmahira

Elmahira, Aiga (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis geogebra classroom pada materi aplikasi integral luas daerah / Aiga Elmahira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Integral sebagai salah satu materi matematika banyak diterapkan dan berguna dalam kehidupan sehari-hari akan tetapi masih terdapat kesulitan belajar dalam memahami materi integral khususnya aplikasi integral luas daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis GeoGebra classroom pada materi aplikasi integral luas daerah yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis) desain (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi lembar validasi ahli media angket respon siswa angket respon guru dan soal kuis. Hasil penelitian menyatakan (1) Uji validitas mendapatkan skor 77 36% sehingga masuk kategori ldquo valid rdquo (2) Uji kepraktisan mendapatkan skor 81 41% sehingga masuk kategori ldquo praktis rdquo serta (3) Uji efektivitas mendapatkan skor 86 66% sehingga masuk kategori ldquo sangat efektif rdquo . Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan telah valid praktis dan efektif. Media ini mampu memotivasi siswa dalam mempelajari materi aplikasi integral dan membantu siswa mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 07:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285972

Actions (login required)

View Item View Item