Mokhammad Nurruddin Zanky (2009) Studi deskriptif tentang pembelajaran mata pelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik manual) pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas 1 APK 1 SMK Negeri 1 Malang / Mokhammad Nurruddin Zanky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mengetik manual merupakan kegiatan menulis dengan menggunakan bantuan mesin ketik manual. Mesin ketik manual adalah mesin tulis biasa yang dijumpai sehari-hari pada kantor yang alat-alatnya digerakkan dengan jari-jari tangan sehingga lebih memerlukan tenaga dan mesin hanya bekerja pada saat digerakkan. Kemampuan dalam menggunakan mesin ketik khususnya kemampuan mengoperasionalkan sepuluh jari dengan benar sangat dibutuhkan oleh seorang sekertaris karena salah satu tugasnya adalah melakukan pengetikan dengan cepat dan teliti. Pengisian tabel terformat lebih cepat menggunakan mesin ketik manual dari pada menggunakan komputer. Pembelajaran adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan proses belajar mengajar antara guru dengan siswa. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan. Tujuan yang dimaksud adalah dimilikinya kompetensi tertentu oleh siswa. Guru yang menyampaikan pembelajaran dengan baik akan berpengaruh baik terhadap prestasi siswa. Begitu pula sebaliknya apabila penyampaian pembelajaran guru tidak baik akan berpengaruh kurang baik pula terhadap prestasi belajar siswa. Pembelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik manual) merupakan salah satu kompetensi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). KBK adalah kurikulum yang menghendaki lulusan untuk memiliki kompetensi tertentu yang siap digunakan dalam dunia kerja sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf kehidupan perekonomian. Berdasarkan pada hal tersebut maka pembelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik manual) masih diperlukan dalam dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik manual) pada kelas 1 APK1 SMK Negeri 1 Malang beserta berbagai faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran seperti faktor pendukung faktor penghambat baik yang berasal dari guru siswa sendiri dan lingkungannya serta tingkat kecepatan dan ketelitian mengetik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 APK1 SMK Negeri 1 Malang yang mengikuti mata pelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik manual) pada semester genap yang berjumlah 39 orang. Pengambilan data dilaksanakan selama bulan April sampai Mei 2007. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang berupa prosentase dan deskriptif kualitatif yang berupa penjabaran kalimat. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik manual) meliputi penginformasikan tujuan pembelajaran diberikan kepada siswa dengan cara lisan persiapan guru dalam mengajar masih perlu ditingkatkan khususnya yang berhubungan dengan pemahaman terhadap siswa dan pengkaitan antara teori dan keadaan dilapangan persiapan tentang rencana pembelajaran guru telah menjelaskan rencana bahan pembelajaran kepada siswa bahan pembelajaran tersusun secara teratur namun kompetensi dalam kurikulum belum terpenuhi metode guru dalam pembelajaran mengetik sudah tepat (yaitu ceramah tanya jawab demonstrasi) dan yang paling diutamakan adalah praktek atau pemberian tugas guru telah melakukan evaluasi dan pengayaan setelah berakhirnya suatu materi pembelajaran penggunaan media dalam pembelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik) masih kurang yaitu guru hanya memanfaatkan media papan tulis sebagai penunjang pembelajaran (2) Faktor yang menjadi pendukung pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik manual) adalah sebagai berikut keberadaan laboratorium 35% penyampain materi guru yang mudah diterima 8% seringnya praktek 13% waktu belajar yang masih pagi 11% mesin ketik yang layak 5% suasana ruang belajar yang nyaman 10% minat siswa sendiri 12% dan lain-lain 6% (3) Faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik manual) adalah sebagai berikut penyampaian materi oleh guru yang sulit diterima 12% mesin ketik yang kurang memadai 40% keterlambatan guru 4% lokasi yang jauh 12% suasana ruang praktek yang kurang nyaman 15% faktor siswa sendiri 10% lain-lain 7% (4) Tanggapan siswa tentang penyampaian materi oleh guru mata pelajaran menggunakan peralatan kantor (mengetik manual) adalah sebagai berikut siswa yang menyatakan guru menyampaiakan materi kurang jelas sebesar 43% siswa yang menyatakan guru menyampaikan materi cukup jelas sebesar 40% dan siswa yang menyatakan guru menyampaikan materi dengan jelas sebesar 17 % (5) Tingkat kecepatan mengetik rata-rata yang dihasilkan kelas adalah 117 epm yang berarti berada pada kategori kecepatan sedang sedangkan untuk tingkat ketelitian mengetik rata-rata yang dihasilkan kelas adalah sebesar 1 5% tingkat kesalahan yang berarti berada pada kategori teliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |