Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa slow learner smp dalam menyelesaikan soal cerita materi teorema pythagoras / Nurul Badiatul Laili Aprilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa slow learner smp dalam menyelesaikan soal cerita materi teorema pythagoras / Nurul Badiatul Laili Aprilia

Aprilia, Nurul Badiatul Laili (2023) Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa slow learner smp dalam menyelesaikan soal cerita materi teorema pythagoras / Nurul Badiatul Laili Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki oleh siswa agar siswa dapat mengoordinasi berpikir matematisnya. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis tulis yang berupa kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide matematika secara tertulis melalui simbol-simbol matematika seperti gambar diagram grafik dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa slow learner SMP dalam menyelesaikan permasalahan dalam bentuk soal cerita materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah 2 orang siswa slow learner kelas VIII SMP Laboratorium UM Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen soal tes tulis dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh kemudian diidentifikasi berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis tulis yaitu 1) siswa mampu mengidentifikasi informasi berupa apa yang diketahui dan ditanyakan dalam permasalahan 2) siswa mampu mengekspresikan masalah dengan bentuk gambar atau visual lainnya seperti tabel grafik diagram dan lain-lain dalam menyajikan ide gagasan matematika secara tertulis 3) siswa mampu menuliskan langkah-langkah pemecahan masalah secara sistematis dan tepat serta memberikan alasan proses pemecahan masalah menggunakan informasi yang ditemukan dan 4) siswa mampu menulis kesimpulan dengan benar atas masalah sesuai dengan pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian siswa slow learner hanya memenuhi indikator dua dan indikator tiga kemampuan komunikasi matematis tulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:29
Last Modified: 15 Dec 2023 07:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285959

Actions (login required)

View Item View Item