Pengembangan media pembelajaran berbasis discovery learning pada pokok bahasan pythagoras berbantuan geogebra untuk membantu pemahaman siswa / Anis Fitria Yuli Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis discovery learning pada pokok bahasan pythagoras berbantuan geogebra untuk membantu pemahaman siswa / Anis Fitria Yuli Astutik

Astutik, Anis Fitria Yuli Astutik (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis discovery learning pada pokok bahasan pythagoras berbantuan geogebra untuk membantu pemahaman siswa / Anis Fitria Yuli Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran guru dalam pembelajaran matematika pada umumnya masih dominan dengan menggunakan pendekatan konvensional dimana pembelajaran bepusat kepada guru dan memberikan pengetahuannya secara langsung kepada siswa tanpa adanya pengonstruksian konsep yang dipelajari terutama pada materi yang berkaitan dengan geometri. Salah satunya yaitu materi Pythagoras guru memberikan formula terkait materi yang dipelajari kemudian dilanjutkan dengan contoh soal sebagai latihan dengan pengerjaan yang bersifat rutin. Hal ini akan membuat siswa bersifat monoton dan pasif di kelas dan membuat pembelajaran tidak bermakna. Dalam pembelajaran matematika belajar akan lebih bermakna apabila siswa dapat menemukan sendiri konsep dari materi yang dipelajarinya daripada hanya menerima pengetahuan langsung dari guru dan mendengarkan materi pembelajaran secara pasif selama proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pythagoras untuk membantu pemahaman siswa dengan bantuan GeoGebra untuk memvisualisasikan pengonstruksian teorema Pythagoras yang dimuat dalam LKPD berbasis discovery learning dimana sintaks pembelajarannya sejalan dengan konsep kebermaknaan belajar.Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan meliputi (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIA pada salah satu sekolah menengah pertama di Kabupaten Pamekasan pada 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan memperoleh skor validitas 3 84. Berdasarkan data hasil pengisian angket setelah kegiatan uji coba media oleh siswa maupun guru matematika di sekolah tersebut diperoleh skor kepraktisan 3 80 dari angket siswa dan 4 00 dengan angket guru. Selain itu berdasarkan hasil tes diketahui bahwa 17 dari 20 siswa memperoleh skor sangat tinggi atau tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa 85% siswa memiliki kriteria pemahaman yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media yang dikembangkan telah valid praktis dan efektif untuk pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285955

Actions (login required)

View Item View Item