Miskonsepsi siswa SMP pada materi bentuk aljabar dengan menggunakan certainty of response index (cri) / Balqis Mumtazah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Miskonsepsi siswa SMP pada materi bentuk aljabar dengan menggunakan certainty of response index (cri) / Balqis Mumtazah</p>

Mumtazah, Balqis (2023) Miskonsepsi siswa SMP pada materi bentuk aljabar dengan menggunakan certainty of response index (cri) / Balqis Mumtazah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa SMP Islam Yappida kelas VII dalam materi operasi bentuk aljabar. Hal ini berdasarkan dari ditemukannya siswa-siswi kelas VII yang belum bisa menyelesaikan permasalahan pada materi bentuk aljabar yaitu pada operasi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan Certainty of Response Index (CRI) yang bertujuan untuk mendeteksi apakah siswa mengalami miskonsepsi atau tidak tahu konsep berdasarkan tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal yang diberikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes berupa soal uraian yang dilengkapi 6 skala dan kriteria CRI dan wawancara. Calon subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calon subjek tersebut mengalami miskonsepsi atau tidak tahu konsep berdasarkan skala Certainty of Response Index (CRI) yang ditunjukkan dari hasil tes. Subjek penelitian yang dipilih sebanyak 4 siswa dari 30 subjek penelitian yang mengalami miskonsepsi serta subjek tersebut mengalami (1) miskonsepsi kebermaknaan huruf (2) miskonsepsi notasi (3) miskonsepsi penggeneralisasian (4) miskonsepsi pengaplikasian aturan (5) miskonsepsi perhitungan dan (6) miskonsepsi penspesialisasian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285944

Actions (login required)

View Item View Item