Pengembangan LKS berdasarkan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa / Elita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKS berdasarkan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa / Elita Dewi

Dewi, Elita (2023) Pengembangan LKS berdasarkan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa / Elita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dari hasil identifikasi siswa kelas VII di MTs Nurul Ihsan Tempeh diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa disana masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena belum adanya bahan ajar yang memadai. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi adalah Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS berdasarkan model Problem Based Learning yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah pada model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas VII MTs Nurul Ihsan Tempeh Lumajang yang berjumlah 20 siswa. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi tingkatan valid dengan skor rata-rata 3 62. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa LKS memenuhi tingkatan praktis dengan skor rata-rata 3 32. Sedangkan hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa LKS memenuhi tingkatan efektif yaitu sebanyak 85% siswa memiliki kemampuan representasi matematis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan bersifat valid praktis dan efektif sehingga baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2023 04:29
Last Modified: 10 Aug 2023 06:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285931

Actions (login required)

View Item View Item