Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii smp islam sabilurrosyad malang pada materi aljabar / Galuh Sekar Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii smp islam sabilurrosyad malang pada materi aljabar / Galuh Sekar Sari

Sari, Galuh Sekar Sari (2022) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii smp islam sabilurrosyad malang pada materi aljabar / Galuh Sekar Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Hasil diskusi dengan guru kelas VIIA SMP Islam Sabilurrosyad peneliti memperoleh informasi jika hasil belajar siswa di materi aljabar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu dilaksanakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aljabar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aljabar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapannya yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Islam Sabilurrosyad Malang yang berjumlah 20 orang siswa. Sesuai dengan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aljabar memuat tujuh komponen yaitu konstruktivisme bertanya menemukan masyarakat belajar pemodelan refleksi dan penilaian autentik. Dengan pada bagian bertanya peneliti memberikan pertanyaan pancingan ketika tidak ada siswa yang bertanya sedangkan pada bagian masyarakat belajar peneliti membentuk kelompok yang heterogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285928

Actions (login required)

View Item View Item