Persepsi guru bidang keahlian administrasi perkantoran tentang penilaian portofolio di SMK se-kota Malang / Windi Asih - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru bidang keahlian administrasi perkantoran tentang penilaian portofolio di SMK se-kota Malang / Windi Asih

Windi Asih (2007) Persepsi guru bidang keahlian administrasi perkantoran tentang penilaian portofolio di SMK se-kota Malang / Windi Asih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asih Windi. 2007. Persepsi Guru Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Tentang Penilaian Portofolio Di SMK Se-Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopiah M.Pd M.M (II) Wahju Wibowo A.Md. S.E. M.Si. Kata Kunci persepsi Guru Bidang KeahlianAdministrasi Perkantoran penilaian portofolio Reformasi di bidang pendidikan telah dan akan terus digulirkan melalui berbagai inovasi untuk menyongsong era baru dan paradigma baru yang intinya revitalisasi sistem pembelajaran. Esensi dari revitalisasi sistem pembelajaran di antaranya adalah pemberdayaan guru dan peningkatan kinerjanya dalam kegiatan belajar mengajar sehingga potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal. Untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal diperlukan strategi yang sistematis dan terarah. Untuk itu perlu dikembangkan model-model pembelajaran dan sistem penilaian yang mengakomodasikan perbedaan potensi dan sekaligus memberikan seluas-luasnya untuk secara aktif menumbuhkan kreativitas peserta didik agar kecerdasannya berkembang secara optimal dan proposional. Sistem penilaian ini berkaitan dengan bagaimana teknik monitoring hasil kerja siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Evaluasi yang dilakukan oleh guru sebagai hasil monitoring yang secara terus menerus inilah yang nantinya dijadikan sebagai penilaian guru terhadap prestasi peserta didik. Salah satu bentuk penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa yaitu bentuk penilaian portofolio. Portofolio merupakan kumpulan pekerjaan siswa yang berupa tugas-tugas yang terorganisir secara sistematis dalam proses pembelajaran yang menunjukkan perkembangan dan kecakapan siswa dalam satu bidang atau lebih serta mampu menggerakkan siswa untuk berfikir kreatif dan menghasilkan karya bukti belajar siswa sesuai dengan bidang dan tujuan pencapaian kompetensi. Penilaian portofolio merupakan salah satu bentuk penilaian yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara optimal dan mendorong siswa bertanggung jawab atas pembelajarannya. Pelaksanaan penilaian portofolio tidak dapat dipisahkan dari peran guru karena guru sendiri berperan sebagai evaluator dalam keberhasilan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru bidang Keahlian Administrasi Perkantoran tentang konsep penilaian portofolio persepsi guru bidang Keahlian Administrasi Perkantoran tentang implementasi penilaian portofolio persepsi guru bidang Keahlian Administrasi Perkantoran tentang pelaksanaan KBM dalam rangka mplementasi penilaian portofolio dan hambatanhambatan yang dihadapi guru bidang Keahlian Administrasi Perkantoran dalam rangka implementasi penilaian portofolio. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru bidang Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Se-Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang i digunakan dalam penelitian ini antara lain dengan metode angket/kuesioner wawancara/interview dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui (1) Persepsi guru bidang Keahlian dministrasi Perkantoran tentang konsep penilaian portofolio adalah sangat baik. Hal tersebut terbukti para guru bidang Keahlian dministrasi Perkantoran telah menggunakan penilaian portofolio dalam pembelajaran khususnya untuk materi pelajaran praktek dimana guru dapat menilai proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan hasil belajar siswa dalam bentuk lembaran-lembaran tugas sebagai bukti belajar (2) Persepsi guru bidang Keahlian Administrasi Perkantoran tentang implementasi penilaian portofolio adalah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas evaluasi yang dilakukan guru telah menerapkan penilaian secara portofolio dengan menyusun kriteria penilaian yang mencakup semua aspek perkembangan siswa baik sikap pengetahuan maupun keterampilan. (3) Persepsi guru bidang Keahlian Administrasi Perkantoran tentang pelaksanaan KBM dalam rangka mplementasi penilaian portofolio adalah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan KBM yang diterapkan guru telah mengembangkan prinsip-prinsip KBM dengan menerpakan berbagai metode pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam belajar. (4) hambatan-hambatan yang dihadapi guru bidang Keahlian Administrasi Perkantoran dalam rangka implementasi penilaian portofolio meliputi hambatan dalam kurangnya pemahaman guru tentang penilaian portofolio karakteristik dan tingkat intelegensi siswa yang berbeda keterbatasan fasilitas pembelajaran dalam melakukan penilaian memerlukan ketelitian dan penerapan penilaian portofolio membutuhkan lebih banyak waktu tenaga pikiran dan biaya serta diperlukan adanya keterampilan dan daya kreativitas yang tinggi dari guru dalam merancang dan menyusun perangkat penilaian serta dalam pengolahan nilai yang didapat. (5) upaya mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi guru bidang Keahlian Administrasi Perkantoran dalam rangka implementasi penilaian portofolio antara lain guru perlu memperhitungkan kemampuan individual antar siswa latar belakang dan sikap siswa terhadap pembelajaran guru perlu meningkatkan pemahaman tentang penilaian portofolio dengan mengikuti seminar lokakarya dan pelatihanpelatihan guru perlu menerapkan teknik-teknik modoifikasi tingkah laku untuk membantu siswa bekerja keras seperti pujian dan persetujuan peragaan dan memberikan komentar pada pekerjaan/hasil tugas serta program-program penghargaan melakukan pendekatan atau bimbingan secara personal kepada siswa yang mempunyai kekurangan dalam motivasi nilai maupun sikap menyediakan fasilitas pembelajaran dan membuat perencanaan yang matang dalam penerapan penilaian portofolio. Hendaknya guru perlu peningkatan untuk mengikuti berbagai jenis penataran seminar lokakarya atau sejenisnya yang berkaitan dengan assesmen pembelajaran khususnya tentang penilaian portofolio agar dapat lebih memahami dalam implementasi penilaian. Guru sebagai evaluator harus memahami dan dapat menerapkan asesmen penilaian sebagaimana mestinya sehingga hal ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28592

Actions (login required)

View Item View Item