Arti Dhewi Wibowo (2009) Pengaruh persepsi guru tentang kondisi lingkungan kerja terhadap semangat kerja guru melalui kepuasan kerja (studi pada guru SMK Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran se-kota Malang) / Arti Dhewi Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wibowo Arti Dhewi. 2007. Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kondisi Ling-kungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Guru Melalui Kepuasan Kerja (Studi Pada Guru SMK Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Se-Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Ma-lang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Drs. I Nyoman Suputra M.Si . Kata kunci Persepsi Lingkungan Kerja Semangat Kerja Kepuasan Kerja Peran guru sebagai tenaga pengajar yang berhubungan dan bertatap muka secara langsung dengan siswa memberikan efek yang kuat kepada diri siswa. Untuk itulah di dalam melakukan kegiatan belajar mengajar guru harus dapat merasakan kenyamanan dalam bekerja sehingga dapat berkonsentrasi penuh dalam memberikan dan menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Tersedianya lingkungan kerja yang baik dapat memberikan kenyamanan bagi guru.Disamping itu adanya kondisi lingkungan kerja yang baik dapat menimbulkan kepuasan dan dengan kepuasan kerja diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja pegawai. Lingkungan kerja yang baik ini bisa meliputi tersedianya fasilitas-fasilitas umum ruang kerja yang bersih luas dan tertata rapi. Sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup serta terciptanya suasana kerja yang harmonis. Tetapi pada dasarnya pemahaman akan konsep ini belumlah benar-benar disadari dan dipahami oleh pihak sekolah terutama sekolah kejuruan yang ada di kota Malang. Masih banyak di antara sekolah-sekolah kejuruan di kota Malang ini yang tidak menyadari bahwa begitu pentingnya penciptaan lingkungan kerja yang kondusif dapat berpengaruh terhadap kepuasan dan semangat kerja seorang guru. Kebanyakan dari sekolah ini lebih memfokuskan diri pada peningkatan prestasi siswa dan nama baik sekolah. Padahal untuk mencapai itu semua terdapat peran serta guru yang sangat penting sekali dan tentunya agar dapat bekerja dengan maksimal setiap sekolah harus dapat menciptakan kondisi lingkungan kerja yang menunjang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional dengan menggu-nakan teknik analisis jalur dalam penelitian ini terdapat tiga jenis variabel yaitu (1) variabel bebas yang terdiri dari Lingkungan kerja fisik (X1) Lingkungan kerja non-fisik (X2) (2) variabel antara (Intervening) kepuasan kerja (Y1) dan variabel terikat semangat kerja guru (Y2). Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK bidang keahlian administrasi perkantoran Se-Kota Malang dengan jumlah 51 guru yang diambil dari 10 SMK. Dikarenakan penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur yang merupakan satu bentuk terapan dari analisis regresi berganda (multiple regression analysis) maka dari jumlah populasi tersebut ditentukan ukuran sampel dengan menggunakan rumus slovin sehingga di dapat sampel yang berjumlah 45 orang. Sedangkan 2 SMK yang lain karena tidak berkenan dijadikan tempat penelitian maka tidak diambil sampel. Dengan perhitungan bahwa dengan menggunakan 8 SMK tersebut jumlah sampel telah memenuhi syarat yang telah ditentukan berdasarkan rumus slovin yakni sebesar 45 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampel. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa (1) Kondisi lingkungan kerja fisik di persepsikan baik oleh guru bidang keahlian administrasi perkantoran di SMK Se-Kota Malang (2) kondisi lingkungan kerja non-fisik dipersepsikan sangat baik oleh guru bidang keahlian administrasi perkantoran di SMK Se-Kota Malang (3) kepuasan kerja guru bidang keahlian administrasi perkantoran di SMK Se-Kota Malang menunjukkan bahwa rata-rata para guru puas terhadap pekerjaannya (4) Semangat kerja guru bidang keahlian administrasi perkantoran di SMK Se-Kota Malang menunjukkan bahwa rata-rata guru mempunyai semangat tinggi terhadap pekerjaannya (5) pengaruh lingkungan kerja secara parsial terhadap kepuasan kerja guru di SMK Se-Kota Malang dari hasil analisis diperoleh data sebagai berikut Lingkungan kerja fisik memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan kerja sebesar 0 275 lingkungan kerja non-fisik memberikan pengaruh positif ter-hadap kepuasan kerja sebesar 0 513 (6) Lingkungan Kerja memberikan pengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja guru bidang keahlian administrasi per-kantoran di SMK Se-Kota Malang sebesar 0 356 (7) kepuasan kerja memberikan pengaruh terhadap semangat kerja guru sebesar 0 606. Hasil analisis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa lingkungan kerja memberikan pengaruh tidak langsung terhadap semangat kerja guru melalui kepuasan kerja secara simultan (bersama-sama) sebesar 0 216 dan lingkungan kerja memberikan pengaruh tidak langsung terhadap semangat kerja guru melalui kepuasan kerja secara parsial (sendiri-sendiri) adalah sebagai berikut lingkungan kerja fisik memberikan pengaruh tidak langsung terhadap semangat kerja guru melalui kepuasan kerja sebesar 0 167 lingkungan kerja non-fisik memberikan pengaruh tidak langsung terhadap semangat kerja guru melalui kepuasan kerja sebesar 0 311. Keseluruhan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa lingkungan kerja dapat memberikan pengaruh langsung terhadap kepuasan kerja dan pengaruh tidak langsung terhadap semangat kerja guru bidang keahlian administrasi perkantoran di SMK Se-Kota Malang baik pengaruh secara bersama-sama maupun pengaruh secara sendiri-sendiri. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan kepada pihak sekolah terutama kepala sekolah sebagai pimpinan lembaga sekolah yang meme-gang peranan penting di sekolah agar lebih memperhatikan kondisi lingkungan kerja guru karena dengan demikian dapat memberikan kepuasan kerja sehingga diharapkan dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan semangat kerja guru dalam bekerja dan membimbing siswa-siswinya. Disarankan pula kepada para guru sebagai pendidik dan panutan siswa untuk lebih mempertahankan atau bahkan meningkatkan semangat kerja yang sudah baik menjadi lebih baik lagi dikemudian hari serta menjaga citranya sebagai pendidik dan panutan bagi siswa-siswinya. Terutama yang terkait dengan kedisiplinan loyalitas dan kerjasama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |