Sri Wijayatiningsih (2009) Implementasi penilaian hasil belajar mat adiklat menggunakan peralatan kantor sub kompetensi mesin ketik manual pada SMK kelompok bisnis dan manajemen se-Kota Malang / oleh Sri Wijayatiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setiap organisasi didirikan dengan maksud untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu tantangan berat yang dihadapi oleh seorang manajer adalah bagaimana ia dapat menggerakkan para pegawainya agar senantiasa mau dan bersedia mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk kepentingan organisasi yang salah satu usahanya adalah dengan program pelatihan terhadap para pegawainya. Sebagai salah satu sumber daya utama perusahaan kualitas dan prestasi sumber daya manusia atau pegawai sangat perlu ditingkatkan demi kelancaran jalannya perusahaan di masa depan. Perusahaan yang sadar dengan potensi ini akan terus menerus memberikan perhatian terhadap pengembangan sumber daya manusia. Dengan adanya pelatihan kerja pegawai kedua belah pihak baik perusahaan maupun pegawai memperoleh manfaat yaitu adanya peningkatan kualitas prestasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pelaksanaan pelatihan mengetahui faktor-faktor pelatihan yang berpengaruh baik secara simultan dan juga parsial terhadap prestasi kerja pegawai dan mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata prestasi kerja pegawai sebelum dan setelah pelatihan pada PT. Telkom Kancatel Kepanjen. Ada 4 hal yang dijadikan indikator sehubungan dengan pelaksanaan pelatihan yaitu kurikulum pelatihan (X1) metode pelatihan (X2) kemampuan instruktur/pelatih (X3) dan jadwal pelatihan (X4). Pelaksanaan penelitian deskriptif korelasional pada PT. Telkom Kancatel Kepanjen ini dengan menggunakan teknik populasi. Populasi sebesar 25 orang pegawai yang terdiri atas 3 asisten junior manajer 3 supervisor dan 19 pelaksana. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi pelaksanaan pelatihan pegawai dalam kondisi sangat baik dengan dukungan sebanyak 22 orang responden (88%) dan sebanyak 3 orang responden (12%) mengatakan bahwa pelatihan dalam kondisi baik. Sedangkan tentang ada tidaknya pengaruh pelatihan terhadap prestasi kerja pegawai melalui analisis regresi linier berganda menunjukkan hasil ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan pelatihan terhadap prestasi kerja pegawai PT. Telkom Kancatel Kepanjen. Tetapi variabel yang berpengaruh tersebut hanya variabel kurikulum pelatihan dan variabel jadwal pelatihan dengan nilai t masing-masing sebesar 0 019 dan 0 038. Dan dilihat dari nilai R 0 559 dimana nilai tersebut lebih dari 0 5 menunjukkan bahwa korelasi antara variabel pelatihan dengan prestasi kerja pegawai adalah kuat. Dan jika dilihat dari nilai R Square sebesar 0 175 diartikan bahwa variabel pelatihan memiliki pengaruh positif terhadap prestasi kerja pegawai sebesar 17 5%. Hasil analisis juga menunjukkan variabel X1 X2 dan X3 tidak ada hubungan dengan Y sedangkan hanya variabel X4 saja yang menunjukkan ada hubungan dengan Y. Sehingga dapat disimpulkan pelatihan sangat kurang berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai. Dalam hal kondisi prestasi kerja terlihat bahwa terdapat perbedaan rata-rata prestasi kerja pegawai sebelum dan setelah pelatihan dimana rata-rata prestasi kerja setelah pelatihan lebih besar daripada rata-rata prestasi kerja sebelum pelatihan dengan nilai rata-rata pada tahun 2005 sebesar 100 16 sedangkan rata-rata pada tahun 2006 sebesar 108 32. Selain itu hubungan antara keduanya sangat kuat dan signifikan yang ditunjukkan dengan angka korelasi sebesar 0 930 dan nilai probabilitasnya sebesar 0 000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disarankan adalah (1) pihak perusahaan melakukan pengembangan lagi pada metode pelatihan dan kemampuan pelatih/instruktur agar pelatihan bisa efektif dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai (2) kondisi rata-rata prestasi kerja pegawai dari tahun ke tahun harus diusahakan mengalami peningkatan karena hal ini menunjukkan tingkat kebonafidan perusahaan sehingga diperlukan pelatihan yang efektif (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mencari dan membuktikan adanya faktor-faktor lain dari pelatihan yang berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |