Hubungan ketrampilan penggunaan jari pada waktu mengetik terhadap kecepatan mengetik manual siswa kelas 1 Program Keahlian Administrasio Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Nalang / oleh Rima Seftya Marischa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan ketrampilan penggunaan jari pada waktu mengetik terhadap kecepatan mengetik manual siswa kelas 1 Program Keahlian Administrasio Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Nalang / oleh Rima Seftya Marischa

Rima Seftya Marischa (2009) Hubungan ketrampilan penggunaan jari pada waktu mengetik terhadap kecepatan mengetik manual siswa kelas 1 Program Keahlian Administrasio Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Nalang / oleh Rima Seftya Marischa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMK di Indonesia bermacam-macam salah satunya adalah SMK yang memiliki konsentrasi ilmu Bisnis dan Manajemen. Pada SMK ini terdapat beberapa program keahlian diantaranya yaitu program keahlian Penjualan program keahlian Administrasi Perkantoran program keahlian Akuntansi. Pada program keahlian Administrasi Perkantoran salah satu kompetensi dalam program produktif yang diajarkan yaitu Menggunakan Peralatan Kantor salah satunya mempelajari tentang mengetik manual yang menuntut siswa untuk memiliki kerampilan mengetik yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan jumlah jari dan kecepatan mengetik manual pada siswa kelas 1 program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen serta hubungan penggunaan jumlah jari terhadap kecepatan mengetik manual. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari penggunaan jumlah jari (X) sedangkan variabel terikatnya adalah kecepatan mengetik manual (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 2 kelas dengan jumlah 89 siswa pembagian kelas secara acak sehingga dapat dikatakan kedua kelas tersebut homogen. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penelitian ini menggunakan penelitian polulasi. Untuk pengambilan data dilakukan di Laboratorium Mengetik Manual SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang tanggal 1 November sampai 31 Desember 2006. Instrumen penelitian ini menggunakan bentuk check list dengan memakai skala pengukuran likert yaitu mencari kelas interval dengan cara mencari skor tertinggi dikurangi skor terendah dan dibagi dengan banyaknya kelas interval. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai terdapat 3 metode yaitu metode observasi tes kecepatan mengetik manual dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis deskriptif persentase. Untuk mengetahui hubungan ketrampilan penggunaan jari pada waktu mengetik dengan prestasi mengetik manual siswa maka menggunakan teknik korelasi product moment yaitu untuk mengetahui hubungan 2 variabel antara ketrampilan penggunaan jari pada waktu mengetik (X) dengan kecepatan mengetik manual siswa (Y). Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif persentase hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Ketrampilan penggunaan 10 jari tangan siswa kelas 1 program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang berada pada kategori kurang baik yaitu sebanyak 66 orang siswa atau 74%. (2) Kondisi Ketrampilan Penggunaan 5 Jari Tangan kanan pada waktu mengetik siswa kelas 1 Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang dalam kategori kurang baik sebanyak 52 orang siswa atau 59%. (3) Kondisi ketrampilan penggunaan 5 jari tangan kiri pada waktu mengetik siswa kelas 1 Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang berada dalam kategori kurang baik sebanyak 56 orang siswa atau 63%. (4) Kondisi kecepatan mengetik manual siswa kelas 1 Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang berada dalam kategori sedang sebanyak 58 orang siswa atau 65%. (5) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara ketrampilan penggunaan jari pada waktu mengetik terhadap kecepatan mengetik manual siswa kelas 1 program studi Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang dengan nilai (0 628) (0 208). Saran yang bisa diberikan adalah (1) Siswa hendaknya lebih meningkatkan frekuensi latihan mengetik melatih dan berusaha mengetik menggunakan kesepuluh jari tangan memahami fungsi atau tugas masing-masing jari baik jari tangan kanan maupun jari tangan kiri siswa mematuhi semua instruksi yang diberikan guru dan meningkatkan semangat dan tidak menganggap remeh pelajaran mengetik manual. (2) Guru hendaknya sering memberikan latihan-latihan mengetik kepada siswa selalu memantau dan memberi peringatan kepada siswa jika fungsi jari tidak sesuai dengan ketentuan memberikan semangat siswa supaya lebih berprestasi lagi dalam mengetik meningkatkan latihan mengetik secara intensif dan memberikan informasi kepada siswa cara mengetik yang baik dan benar. (3) Pihak sekolah hendaknya menyediakan meja yang sesuai untuk kebutuhan mengetik melengkapi kursi yang nyaman dan bisa diatur tinggi rendahnya sesuai postur pengetik memberikan mesin ketik yang memadai untuk aktifitas pengetikan. (4) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya berusaha meneliti faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar menggabungkan metode pengumpulan data melalui observasi untuk pengamatan pada waktu mengetik dan kuesioner untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap mata diklat mengetik dalam penelitian berikutnya untuk menambah jumlah observer 5 orang supaya lebih efisien dalam waktu pengamatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28587

Actions (login required)

View Item View Item