Impelementasi pembelajaran kontekstual model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 Jurusan Penjualan 1 di SMK Negeri 1 Malang pada mata diklat surat menyurat / oelh Mira Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Impelementasi pembelajaran kontekstual model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 Jurusan Penjualan 1 di SMK Negeri 1 Malang pada mata diklat surat menyurat / oelh Mira Puspita Sari

Mira Puspita Sari (2009) Impelementasi pembelajaran kontekstual model siklus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 Jurusan Penjualan 1 di SMK Negeri 1 Malang pada mata diklat surat menyurat / oelh Mira Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan proses pembelajaran yang digunakan pada mata diklat surat menyurat masih didominasi dengan pembelajaran yang masih teacher centered . Untuk itu perlu dikembangkan pembelajaran kontekstual model siklus belajar yang memungkinkan siswa untuk meningkatkan keaktifan keterampilan dan prestasi belajar dengan nilai yang memuaskan. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan tujuan mengajak siswa secara aktif dan kreatif untuk membangun pengetahuan dan pengertian siswa sendiri. Model siklus belajar merupakan salah satu model dari pembelajaran kontekstual berbasis konstruktivisme yang memiliki empat tahapan yaitu (1) tahap eksplorasi (2) tahap pengenalan konsep (3) tahap penerapan konsep dan (4) tahap evaluasi. Melalui siklus belajar dapat memantapkan aspek kognitif dan mengasah aspek afektif dan psikomotorik siswa pada mata diklat surat menyurat. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual model siklus belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I Jurusan Penjualan 1 SMK Negeri I Malang pada mata diklat surat menyurat (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas I Jurusan Penjualan 1 SMK Negeri I Malang pada mata diklat surat menyurat setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual model siklus belajar. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri I Malang pada semester I tahun ajaran 2006/2007. Subyek penelitian adalah kelas I Jurusan Penjualan 1 dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 39 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif peneliti berperan sebagai instrumen utama. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model siklus belajar yang meliputi 4 fase yaitu fase eksplorasi fase pengenalan konsep fase penerapan konsep dan evaluasi. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dengan sub pokok bahasan Perlengkapan Surat dan siklus II dengan pokok bahasan Bagian Surat . Data penelitian dikumpulkan melalui (1) observasi (2) wawancara dan (3) tes evaluasi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual model siklus belajar dapat meningkatkan prestasi pada ranah kognitif yang ditunjukkan dengan pencapaian nilai rata-rata tes evaluasi sebesar 64 025 pada siklus I meningkat menjadi 81 2 pada siklus II. Selain itu prestasi pada ranah afektif juga mengalami peningkatan ditunjukkan dengan perubahan minat sikap nilai dan konsep diri siswa menuju ke arah yang lebih baik dengan nilai rata-rata 79 3 pada siklus I meningkat menjadi 85 4 pada siklus II. Sedangkan pada ranah psikomotorik juga mengalami perkembangan tingkat kecermatan ketelitian dan keterampilan siswa pada praktik surat menyurat dengan nilai rata-rata 66 7 pada siklus I meningkat menjadi 75 83 pada siklus II. Dari hasil penelitian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual model siklus belajar dapat meningkatkan prestasi belajar mata diklat surat menyurat pada siswa kelas I jurusan Penjualan 1 di SMK Negeri I Malang. Peningkatan prestasi belajar tidak berpengaruh hanya pada ranah kognitif saja tetapi juga berpengaruh positif pada perkembangan ranah afektif dan ranah psikomotorik seluruh siswa. Beberapa saran yang adapat peneliti sampaikan yaitu (1) guru hendaknya memberikan pengalaman belajar dengan mengaitkan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sehingga siswa dapat membentuk pengetahuannya sendiri (2) guru hendaknya memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan gagasannya dengan bahasa sendiri (3) guru perlu memanfaatkan berbagai media baik komunikasi lisan dan tertulis sehingga pembelajaran lebih efektif (4) bagi peserta didik diharapkan selalu aktif dan perlu meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajari (5) bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kontekstual model siklus belajar pada pengajaran mata diklat yang sama atau mata diklat lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kontekstual model siklus belajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28585

Actions (login required)

View Item View Item