Penerapan pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok pada mata diklat ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / oleh Siti Mubarokah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok pada mata diklat ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / oleh Siti Mubarokah

Siti Mubarokah (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok pada mata diklat ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang / oleh Siti Mubarokah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena pada hakekatnya proses pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan untuk dapat membelajarkan peserta didik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan proses pembelajaran yang digunakan pada mata diklat Ekonomi masih didominasi dengan pem-belajaran secara konvensional atau ceramah sehingga hasil dari pembelajarannya belum maksimal pesera didik pada saat pembelajaran terkesan bosan ngantuk dan cenderung diam. Peran peserta didik pada pembelajaran ini hanya sebagai penerima informasi (pasif) dan guru sebagai pemberi informasi. Usaha mengatasi permasalahan tersebut proses pembelajaram pada mata diklat Ekonomi perlu diciptakan suatu kondisi yang melibatkan peran aktif dari peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan pem-belajaran kooperatif metode investigasi kelompok yang melibatkan peserta didik mulai dari perencanaan baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya. Selain itu pembelajaran ini juga secara sadar dan sistematis mengembangkan sikap silih asah silih asih dan silih asuh antar sesama peserta didik sebagai latihan hidup dalam suatu masyarakat yang nyata. Penelitian ini bertujuan 1). mendeskripsikan penerapan pembelajaran ko-operatif metode investigasi kelompok pada mata diklat Ekonomi untuk me-ningkatkan motivasi belajar siswa 2) mendeskripsikan kerjasama peserta didik dalam pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok pada mata diklat Ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa 3) mendeskripsikan respon peserta didik dalam pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok pada mata diklat Ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa 4) mengetahui motivasi belajar siswa pada mata diklat Ekonomi setelah diterapkannya metode pembelajaran investigasi kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dan pemberi tindakan. Data penelitian dikumpulkan melalui 1) observasi 2) wawancara 3) angket 4) catatan lapangan dan 4) dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II program keahlian Administrasi Perkantoran (APK) 1 di SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 41 siswa. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data paparan data penyimpulan hasil analisis data. Pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan yang meliputi 1) ketekunan/keajegan pengamatan 2) triangulasi 3) pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus mencakup 6 tahap yaitu 1) menentukan sub topik dan organisasi ke dalam kelompok-kelompok 2) merencanakan kerjasama dalam menyelesaikan tugas 3) melaksanakan rencana kerjasama dalam menyelesaikan tugas 4) merencanakan presentasi 5) menyajikan laporan/presentasi kelompok dan 6) penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok kepada peserta didik secara umum telah dilaksanakan dengan baik 2) kerjasama peserta didik dalam pembelajaran ini juga berlangsung dengan baik dimana peserta didik tidak membedakan kemampuan akademik latar belakang sosial maupun jenis kelamin tetapi lebih didorong oleh rasa tanggung jawab mereka dalam menyelesaikan tugas 3) respon peserta didik dalam penerapan pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok sangat positif dan 4) motivasi peserta didik pada mata diklat Ekonomi mengalami peningkatan dari 37 peserta didik yang mengisi angket hanya empat siswa yang tidak mengalami peningkatan akan tetapi juga tidak mengalami penurunan. Persentase nilai rata-rata tertinggi pada siklus I diperoleh 86 4% sedangkan pada siklus II sebesar 90 4%. Persentase nilai rata-rata terendah pada siklus I sebesar 67 2% pada siklus II persentase nilai rata-rata terendah sebesar 71 2%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar mata diklat Ekonomi. Dari hasil penelitian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa 1) penerapan pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok pada mata diklat Ekonomi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang dibuktikan kerjasama peserta didik dalam menyelesaikan tugas sangat baik selain itu respon peserta didik pada pembelajaran ini sangat positif 2) pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan keterampilan dan aktivitas peserta didik dalam belajar. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) bagi SMK PGRI 2 Malang perlu menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok yaitu berupa pengadaan ruang laboratorium bagi tiap-tiap program keahlian dan penambahan buku literatur guna mempermudah peserta didik dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas 2) bagi guru pem-belajaran kooperatif metode investigasi kelompok dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas 3) bagi peserta didik pada saat pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok diterapkan perlu me-ningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajari 4) bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok pada pengajaran mata diklat yang sama atau mata diklat lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif metode investigasi kelompok dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28584

Actions (login required)

View Item View Item