Muji Astuti (2009) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang fasilistas pengajaran terhadap prestasi belajar pada matakuliah praktikum perkantoran : studi pada mahasiswa FE UM Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2003 / oleh Muji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Terdapat dugaan bahwa prestasi belajar yang dicapai oleh Mahasiswa terdapat pengaruh dari fasilitas pengajaran. Praktikum Perkantoran merupakan suatu bentuk pe-nyelenggaraan pendidikan keahlian atau penguasaan keterampilan professional praktis bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran yang memadukan secara sistematis dan relevan bahan kajian teoritis dari matakuliah yang bernuansa keahlian di bidang pekerjaan perkantoran. Fasilitas pengajaran adalah sarana yang meliputi semua peralatan serta perlengkapan yang langsung digunakan dalam proses pendidikan. Sedangkan persepsi adalah pendapat kesan atau tanggapan yang selama ini telah dimiliki atau ada pada masing-masing mahasiswa terhadap situasi yang diajukan dalam kuisioner ataupun yang selama ini telah dilakukan atau dikerjakan responden. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap fasilitas pengajaran dan prestasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2003 dalam menempuh mata-kuliah praktikum perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan meng-gunakan analisis persentase untuk mendeskripsikan kondisi prestasi belajar maha-siswa pada matakuliah praktikum perkantoran dan analisis regresi sederhana un-tuk mengetahui pengaruh fasilitas pengajaran terhadap prestasi belajar praktikum perkantoran. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa Program Studi pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2003 yang berjumlah 40 mahasiswa. Dengan variabel bebas (X) yaitu fasilitas pengajaran dan variabel ter-ikat (Y) yaitu prestasi belajar praktikum perkantoran. Teknik pengumpulan data yang dipakai dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi yang diambil dari nilai matakuliah praktikum perkantoran. Dari hasil analisis persentase menunjukkan bahwa kondisi fasilitas peng-ajaran pada matakuliah praktikum perkantoran dilihat dari segi kualitas dan kuantitas sebesar 57 5% dan sisanya 42 5% dipengaruhi oleh variabel lain dari luar yang diteliti dan tidak dijelaskan dalam penelitian ini dan prestasi belajar yang diperoleh mahasiswa pada matakuliah praktikum perkantoran dapat di-katakan baik yaitu sebanyak 29 mahasiswa atau 72 5%. Melihat dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka masukan dan saran peneliti kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan administrasi Per-kantoran Angkatan 2003 adalah lebih memperbanyak informasi dari luar tentang perbekalan dan peralatan kantor agar lebih mudah memahami dan lebih banyak pengetahuan tentang perbekalan kantor selain yang tersedia di Laboratorium Praktikum Perkantoran Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28580 |
Actions (login required)
View Item |