Pengembangan modul digital interaktif terprogram bermuatan challenge based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas x SMK Negeri 2 Singosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul digital interaktif terprogram bermuatan challenge based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas x SMK Negeri 2 Singosari

Sari, Anidia Wualan (2022) Pengembangan modul digital interaktif terprogram bermuatan challenge based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas x SMK Negeri 2 Singosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SimulasidanKomunikasi Digital merupakansalahsatumatapelajaranpadaDasar Program keahlian yang harusditempuhpesertadidikkelas X Program KeahlianTeknikKomputerdanInformatika. Kemampuanberpikirkritisdalammatapelajaransimulasidankomunikasi digital pentingditumbuhkan agarsiswamampuberkreasi, mengembangkansikapinisiatif, memecahkanmasalah, eksplorasi, dankomunikasikonsep, pengetahuantentangpengoprasianberbagaiaplikasi. Media pembelajaran yang diberikanoleh guru masihbelumsesuaidenganperkembanganteknologi yang lebihmenujuketampilanvisualyaitumultimediaberupateksdangambar yang dioprasikanmenggunakanperangkatkomputer. Penelitianinibertujuanuntukmembuatsebuahpengembanganmodul digital interaktifterprogramsimulasidankomunikasi digital bermuatan challenge based learning untukmeningkatkan critical thinking skills siswakelas X SMK negeri 2 Singosari Model pengembangan media pembelajaranmodul digital interaktifinimengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiridarilimatahappokokyaituAnalisa, Desain, Pengembangan, Implementasi, danEvaluasi.Proses validasidilaksanakanoleh validator ahli media, ahlimateri.Ujicoba media pembelajarandilakukansecaraperorangankepada 2 orang siswa, ujicobakelompokkecilkepada 13 orang siswadanujicobalapangankepada 30 orang siswa. Modul digital interaktifterprogrambermuatan Challenge Based Learning untukmenumbuhkankemampuanberpikirkritispadamatapelajaransimulasidankomunikasi digital dinyatakanlayakdigunakandalampembelajaran. Hasilvalidasi media sebesar 90,9% kategorisangat valid, validasimaterisebesar 92% kategorisangat valid, ujicobakelompokkecilsebesar 80,6% kategorivali, danujicobalapangansebesar 82,7% kategorisangat valid. Tingkat pertumbuhankemampuanberpikirsiswasetelahmenggunakanmodulsemakinmeningkatsebesar 80% kategoribaik. Atasdasarhasilpenelitian yang telahdiuraikan, dapatdisimpulkanpengembangan media pembelajaranberupamodul digital dinyatakanlayakuntukditerapkandalampembelajaranSimulasidanKomunikasi Digital dandapatmenumbuhkankemampuanberpikirkritissiswapadamateritahappraproduksi. Modul digital yang dikembangkandapatdigunakandanmembutuhkankoneksi internet untukmemutar video tutorial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Modul, Digital, Interaktif
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:01
Last Modified: 26 Jun 2023 02:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item