Sari, Anidia Wualan (2022) Pengembangan modul digital interaktif terprogram bermuatan challenge based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa kelas x SMK Negeri 2 Singosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
SimulasidanKomunikasi Digital merupakansalahsatumatapelajaranpadaDasar Program keahlian yang harusditempuhpesertadidikkelas X Program KeahlianTeknikKomputerdanInformatika. Kemampuanberpikirkritisdalammatapelajaransimulasidankomunikasi digital pentingditumbuhkan agarsiswamampuberkreasi, mengembangkansikapinisiatif, memecahkanmasalah, eksplorasi, dankomunikasikonsep, pengetahuantentangpengoprasianberbagaiaplikasi. Media pembelajaran yang diberikanoleh guru masihbelumsesuaidenganperkembanganteknologi yang lebihmenujuketampilanvisualyaitumultimediaberupateksdangambar yang dioprasikanmenggunakanperangkatkomputer. Penelitianinibertujuanuntukmembuatsebuahpengembanganmodul digital interaktifterprogramsimulasidankomunikasi digital bermuatan challenge based learning untukmeningkatkan critical thinking skills siswakelas X SMK negeri 2 Singosari Model pengembangan media pembelajaranmodul digital interaktifinimengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiridarilimatahappokokyaituAnalisa, Desain, Pengembangan, Implementasi, danEvaluasi.Proses validasidilaksanakanoleh validator ahli media, ahlimateri.Ujicoba media pembelajarandilakukansecaraperorangankepada 2 orang siswa, ujicobakelompokkecilkepada 13 orang siswadanujicobalapangankepada 30 orang siswa. Modul digital interaktifterprogrambermuatan Challenge Based Learning untukmenumbuhkankemampuanberpikirkritispadamatapelajaransimulasidankomunikasi digital dinyatakanlayakdigunakandalampembelajaran. Hasilvalidasi media sebesar 90,9% kategorisangat valid, validasimaterisebesar 92% kategorisangat valid, ujicobakelompokkecilsebesar 80,6% kategorivali, danujicobalapangansebesar 82,7% kategorisangat valid. Tingkat pertumbuhankemampuanberpikirsiswasetelahmenggunakanmodulsemakinmeningkatsebesar 80% kategoribaik. Atasdasarhasilpenelitian yang telahdiuraikan, dapatdisimpulkanpengembangan media pembelajaranberupamodul digital dinyatakanlayakuntukditerapkandalampembelajaranSimulasidanKomunikasi Digital dandapatmenumbuhkankemampuanberpikirkritissiswapadamateritahappraproduksi. Modul digital yang dikembangkandapatdigunakandanmembutuhkankoneksi internet untukmemutar video tutorial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, Modul, Digital, Interaktif |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 02:01 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 02:01 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2858 |
Actions (login required)
View Item |