Pengaruh fasilitas belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar (studi kasus pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2014/2015) / Sumber Akbar Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar (studi kasus pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2014/2015) / Sumber Akbar Lestari

Sumber Akbar (2015) Pengaruh fasilitas belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar (studi kasus pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2014/2015) / Sumber Akbar Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari S. A. 2015. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar (Studi kasus pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang Tahun Ajaran 2014/201). Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu SP.d. M.M (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Fasilitas Belajar Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Salah satu cara untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa adalah fasilitas belajar yang memadai dan kebiasaan belajar siswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan validitas dan reliabilitas. Hasil dari validitas instrument yang telah dilakukan peneliti bahwa nilai corrected item-Total Correlation dari masing-masing item pernyataan lebih dari 0 361 sebagai (rtabel) maka item dinyatakan valid. Hasil penelitian terdapat 34 item pertanyaan 18 item untuk fasilitas belajar dan 16 item untuk kebiasaan belajar. Terdapat 4 item pertanyaan yang tidak valid. Hasil reliabilitas instrument menghasilkan fasilitas belajar mempunyai nilai croanbach s alpha sebesar 0 927 yang artinya reliabel karena croanbach s alpha 0 70 dan kebiasaan belajar mempunyai nilai 0 843 yang artinya reliabel karena croanbach s alpha 0 70. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 167 siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 118 siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif uji asumsi klasik dan analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) fasilitas belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2014/2015 adalah masing-masing baik 2) Terdapat pengaruh signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2014/2015 3) Terdapat pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2014/2015 4) Terdapat pengaruh signifikan fasilitas belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1) Bagi sekolah SMK PGRI 2 Malang diharapkan dapat lebih meningkatkan fasilitas ruang kelas yang ada di sekolah yang kurang lengkap 2) Bagi guru SMK PGRI 2 Malang diharapkan dapat lebih memperhatikan siswa dalam belajar dan menciptakan situasi kelas yang nyaman untuk meningkatkan belajar siswa 3) Bagi orang tua harus lebih memperhatikan belajar siswa agar tidak terpengaruh dan bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah diberikan oleh orang tua 4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini sebaiknya melakukan penelitian terhadap analisis ditribusi frekuensi prestasi belajar kognitif Afektif dan Psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28575

Actions (login required)

View Item View Item