Pemahaman konseptual dan prosedural siswa Kelas viii dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (spldv) bertipe hots / Ilham Sandi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konseptual dan prosedural siswa Kelas viii dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (spldv) bertipe hots / Ilham Sandi</p>

Sandi, Ilham (2023) Pemahaman konseptual dan prosedural siswa Kelas viii dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (spldv) bertipe hots / Ilham Sandi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konseptual merupakan kemampuan siswa dalam menghubungkan pemahaman matematis secara kompleks dan mengartikulasikannya ke bentuk notasi matematika sedangkan pemahaman prosedural merupakan penguasaan dalam melakukan kalkulasi dengan algoritma/tahapan-tahapan yang sesuai. Artikel ini akan memaparkan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi sedang amp rendah dalam memecahkan soal SPLDV bertipe HOTS. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan enam subjek penelitian dimana masing ndash masing berisi dua siswa dengan kemampuan matematika tinggi sedang dan rendah. Data dikumpulkan dari tes tertulis dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi berhasil memecahkan semua soal SPLDV bertipe HOTS dengan baik sesuai dengan tahapan Polya sehingga memenuhi semua tahapan dari pemahaman konseptual dan prosedural sementara itu siswa berkemampuan sedang dapat memecahkan soal dengan baik hanya saja masih belum mampu untuk mengkaji kembali hasil pekerjaannya yang menyebabkan hanya memenuhi sebagian indikator dari pemahaman prosedural yaitu memahami tahapan yang dibutuhkan untuk memecahkan suatu permasalahan mengorganisir tahapan-tahapan dalam memecahkan permasalahan secara berurutan memakai dan mengaplikasikan notasi simbolik untuk memecahkan problem. Selanjutnya siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi dua tahapan Polya yaitu mengenali masalah dan membuat rencana untuk memecahkan permasalahan akibatnya hanya memenuhi sebagian indikator dari pemahaman prosedural.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285588

Actions (login required)

View Item View Item