Relevansi pupuh durma pada Mocoan Lontar Yusup dan kultur masyarakat Osing Banyuwangi / Handi Wiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Relevansi pupuh durma pada Mocoan Lontar Yusup dan kultur masyarakat Osing Banyuwangi / Handi Wiyono

Wiyono, Handi Wiyono (2022) Relevansi pupuh durma pada Mocoan Lontar Yusup dan kultur masyarakat Osing Banyuwangi / Handi Wiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mocoan Lontar Yusup merupakan tradisi yang melekat dengan suku Osing Banyuwangi sebagai pemangku tradisinya. Dalam tradisi ini terdapat Pupuh Durma yang mempunyai keunikan metrum yang membedakannya dengan pupuh lainnya. Keunikan produk budaya ini tentunya berhubungan erat dengan masyarakat pemangkunya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pupuh Durma kultur masyarakat osing dan relevansi keduanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnomusikologi yang dilakukan di wilayah Cungking Desa Kemiren dan Dusun Mondoluko. Teknik pengambilan data dengan observasi studi dokumen dan wawancara purposive sampling dengan narasumber kunci Suhaimi (62th) dan Adi Purwadi (60th) serta enam narasumber tambahan. Teknik analisis menggunakan analisis interaktif Miles dan Hubermans ditambah triangulasi sumber dan teknik sebagai peningkatan validitas data. Hasil penelitian sebagai berikut Pupuh Durma terbagi menjadi Durma Let 2 bait Durma kedua 77 bait yang menceritakan kisah Zulaikha Pembacaan Pupuh Durma menggunakan enam jenis tembang metrum mempunyai bentuk dasar dan perubahan serta perspektif masyarakat osing terkait sakralitas bait Arum-arum. Kultur masyarakat Osing mempunyai perbedaan pada indikator intelektual dan emosional tetapi memiliki benang merah pada spiritual. Relevansi ditijau dari estetika menunjukkan bahwa Pupuh Durma dapat menjadi identitas khasanah macapat masyarakat Osing dan secara simbolik Pupuh Durma menggambarkan fakta sosial masyarakat osing tentang keislaman dan corak religiusitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2023 07:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285529

Actions (login required)

View Item View Item