Penerapan teknik bermain trumpet pada theme song "lion king" di marching band gita widya agni / Andrian Dwi Arianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik bermain trumpet pada theme song "lion king" di marching band gita widya agni / Andrian Dwi Arianto

Arianto, Andrian Dwi (2023) Penerapan teknik bermain trumpet pada theme song "lion king" di marching band gita widya agni / Andrian Dwi Arianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknik bermain trumpet menjadi aspek penting untuk memainkan intonasi dan harmoni dalam unit marching band. Penerapan teknik bermain trumpet juga membutuhkan waktu yang panjang untuk memperoleh tuning yang baik. Alasan peneliti memilih penampilan musik dengan theme song ldquo Lion King rdquo di marching band Gita Widya Agni karena memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi daripada musik parade. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penerapan teknik bermain trumpet pada theme song ldquo Lion King rdquo di marching band Gita Widya Agni untuk memperoleh tuning trumpet yang efektif baik individu atau kelompok bras. Metode penelitian observasi dilakukan dengan pengamatan langsung di lokasi latihan. Wawancara dilakukan pada pihak narasumber. Dokumentasi dilakukan untuk memperoleh partitur musik foto dan video. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan teknik bermain trumpet yang digunakan terbagi menjadi 2 jenis yaitu teknik bermain pada pemain dan teknik bermain pada ruang. Teknik pada pemain dilakukan dengan 3 tahapan meliputi 1) Tahap persiapan merupakan tahap pengenalan tuning dan pembentukan basic 2) Tahap penguasaan merupakan tahap latihan legato staccato dan long tone 3) Tahap pengujian menjadi tahap koreksi dan penekanan kemampuan pemain. Penyesuaian pada ruang dilakukan pada saat gladi untuk menyesuaikan bentuk suara dengan posisi pemain perkusi dan kondisi gedung yang digunakan. Berdasarkan pemaparan tersebut diharapkan teknik bermain trumpet dapat dikembangkan untuk memperoleh tuning efektif dengan cara yang lebih efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:29
Last Modified: 27 Feb 2024 02:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285525

Actions (login required)

View Item View Item