Pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi siswa dalam pembelajaran seni musik Kelas viii SMPN 21 Malang / Beatrix Ambu Kaka Wawo</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi siswa dalam pembelajaran seni musik Kelas viii SMPN 21 Malang / Beatrix Ambu Kaka Wawo</p>

Wawo, Beatrix Ambu Kaka (2023) Pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi siswa dalam pembelajaran seni musik Kelas viii SMPN 21 Malang / Beatrix Ambu Kaka Wawo</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah pada era sekarang ini mengalami berbagai macam tantangan yang perlu diatasi agar dapat mencapai standar pendidikan yang baik sesuai dengan kompetensi yang berlaku. Hal ini perlu diperhatikan oleh semua orang atau lembaga yang menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan terkhususnya guru. Proses pembelajaran seni budaya khususnya pada pembelajaran seni musik di SMPN 21 Malang memiliki kendala tidak hanya dari segi sarana dan prasarana namun juga dari segi tenaga guru. Saat ini SMPN 21 Malang memiliki 3 guru seni budaya berlatar belakang seni tari dan seni rupa. Pembelajaran seni musik menjadi tantangan bagi guru seni budaya baik teori maupun praktik karena dari ketiga guru tidak ada yang berlatar belakang pendidikan seni musik. Tidak tersedianya guru dengan latar belakang pendidikan seni musik menjadi tantangan dan kendala yang cukup berat bagi guru seni budaya lainnya di SMPN 21 Malang karena guru harus tetap memberikan materi pembelajaran maupun praktik seni musik bagi para siswa tanpa kemampuan dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Pembelajaran yang tidak menggunakan metode bervariasi membuat siswa sering merasa bosan dan tidak memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat berdampak pada nilai dan juga prestasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan ada atau tidaknya pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi siswa dalam pembelajaran seni musik kelas VIII SMPN 21 Malang dan seberapa besar pengaruh yang diperoleh dari profesionalisme guru terhadap prestasi siswa. penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan penelitian deskriptif serta menggunakan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyarat analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh menunjukkan pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi siswa sebesar 0 4% pada hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0 662. Berdasarkan ketentuan 0 662 gt 0 05 maka Ha ditolak dan Ho diterima sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi siswa dalam pembelajaran seni musik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285523

Actions (login required)

View Item View Item