Struktur musik tari jaran bodhag di sanggar tari bayu kencana kota probolinggo / ABANG ALFI FAKHRUR ROZI - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur musik tari jaran bodhag di sanggar tari bayu kencana kota probolinggo / ABANG ALFI FAKHRUR ROZI

Rozi, Abang Alfi Fakhrur Rozi (2022) Struktur musik tari jaran bodhag di sanggar tari bayu kencana kota probolinggo / ABANG ALFI FAKHRUR ROZI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agar kesenian Jaran Bodhag terjaga kelestariannya maka yang dapat dilakukan adalah adanya pemeliharaan dan pendokumentasian. Peneliti melakukan penelitian dan mendeskripsikan tentang struktur musik tari Jaran Bodhag. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan secara langsung tentang struktur musik tari Jaran Bodhag di Sanggar Bina Tari Bayu Kencana Kota Probolinggo. Sumber data utama dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang diperoleh melalui wawancara langsung kepada narasumber. Struktur musik tari Jaran Bodhag terdiri dari tiga bagian yaitu bagian awal bagian inti dan bagian akhir. Bagian awal terdiri dari nyongklang balungan triol dan vokal ser keseran. Bagian inti terdiri dari vokal areng bereng nyongklang onggeh vokal jeren budeg singget balungan kendang ting genting cacah balungan con locon dan vokal con locon. Bagian akhir terakhir dari tabbuwan kenong tello vokal budih cacahan balungan onggeh dan nyongklang balungan triol. susunan musik tari Jaran Bodhag yaitu notasi terdiri dari balungan Jaran Bodhag dan laras. Bagian instrumen terdiri dari balungan bonang kempul gong dan saronen. Unsur-unsur pembentuk musik tari Jaran Bodhag terdiri dari skala nada melodi ritme tempo dan dinamika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285521

Actions (login required)

View Item View Item