Analisis ornamen interior rumah adat sesat agung kampung karta lampung / LINDA KHOLIFATUZ ZAHRO - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis ornamen interior rumah adat sesat agung kampung karta lampung / LINDA KHOLIFATUZ ZAHRO

Zahro, Linda Kholifatuz Zahro (2023) Analisis ornamen interior rumah adat sesat agung kampung karta lampung / LINDA KHOLIFATUZ ZAHRO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kekayaan tradisional Indonesia sangat unik dan beragam salah satunya adalah kebudayaan dan kesenian Lampung. Ragam hias yang terkenal selain ornamen tapis Lampung ialah ornamen rumah adat Sesat Agung. Penelitian ini mengamati bentuk visualisasi dan makna filosofis dari ragam hias (ornamen) interior rumah adat Nuwou Sesat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berlokasi di Kampung Karta kecamatan Tulang Bawang Udik kabupaten Tulang Bawang Barat provinsi Lampung. Pengumpulan data didapat melalui observasi lapangan dan wawancara dengan ketua adat budayawan serta penduduk setempat. Pada dasarnya seluruh ornamen interior pada rumah adat Sesat Agung memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda yaitu bentuk flora geometris perlambangan wajik dan kaligrafi. Makna filosofis yang terkandung juga cenderung sama yakni mengangkat nilai-nilai kehidupan dan beberapa hal ghaib seperti kekuatan menjaga rumah maupun sebagai penolakan bala agar terhindar dari gangguan setan dan roh-roh jahat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285390

Actions (login required)

View Item View Item