Akar langit trinil sebagai sumber ide penciptaan motif batik tulis pada busana kasual / Emi Famidatun Maslikha</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Akar langit trinil sebagai sumber ide penciptaan motif batik tulis pada busana kasual / Emi Famidatun Maslikha</p>

Maslikha, Emi Famidatun (2023) Akar langit trinil sebagai sumber ide penciptaan motif batik tulis pada busana kasual / Emi Famidatun Maslikha</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lamongan memiliki berbagai macam kekayaan baik berupa kekayaan alam maupun budaya. Salah satu bentuk dari warisan budaya Lamongan adalah batik. Namun motif batik yang dimiliki masih kurang bervariasi. Sehingga dibutuhkan eksplorasi lagi untuk menciptakan motif baru yang dapat mendorong ikon Lamongan yang masih tertinggal. Salah satunya adalah wisata Akar Langit Trinil yang merupakan salah satu jenis tanaman langkah. Tujuan dari penciptaan ini adalah untuk mendeskripsikan ide Akar Langit Trinil sebagai konsep penciptaan motif batik pada usana kasual mendeskripsikan proses mewujudkan visualisasi Akar Langit Trinil pada busana kasual dan mendeskripsikan hasil karya motif batik Akar Langit Trinil pada busana kasual. Penciptaan ini menggunakan metode penciptaan seni kriya dari hasil pemikiran SP Gustami yang meliputi tahap eksplorasi tahap perancangan dan tahap perwujudan. Prosedur yang dilakukan dalam penciptaan batik tulis ini diawali dengan mempersiapkan alat dan bahan mordanting ekstraksi pewarna alami pemindahan pola ke kain proses pencantingan pewarnaan fiksasi warna pelorodan kain hingga tahap penjemuran. Penciptaan ini menghasilkan sebanyak enam karya dengan masing-masing judul karya antara lain adalah Trinil kembang Sepasang Trinil Wulansari Rembetan Trinil Pager Trinil Godhong Trinil dan Sekar Trinil. Hasil kreasi ini juga memiliki kontribusi terhadap sumber pembelajaran dibidang Pendidikan minat dan bakat daerah setempat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2023 04:29
Last Modified: 27 Oct 2023 06:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285387

Actions (login required)

View Item View Item