Manajemen produksi batik pada Rumah Industri Inayah Bugul Kota Pasuruan / Febria Saputri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen produksi batik pada Rumah Industri Inayah Bugul Kota Pasuruan / Febria Saputri</p>

Saputri, Febria (2023) Manajemen produksi batik pada Rumah Industri Inayah Bugul Kota Pasuruan / Febria Saputri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rumah industri batik di Kota Pasuruan merupakan salah satu sektor industri yang memiliki keunggulan kompetitif. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Rumah Industri Inayah untuk menerapkan manajemen produksi secara optimal. Manajemen produksi tersebut berdasarkan pemenuhan permintaan konsumen secara tepat waktu dengan adanya penggunaan bahan baku yang berkualitas serta jangkauan harga yang relatif murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen produksi batik pada Rumah Industri Inayah Bugul Kota Pasuruan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan proses observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen produksi dapat berjalan secara efektif melalui tahapan 1) perencanaan pemilihan canting dengan penggunaan teknik batik kasar yang menjadikan harga relatif lebih murah. Namun penginventarisasian persedian bahan baku dan biaya tidak dilakukan sehingga persediaan dan pengeluaran anggaran produksi tidak terkontrol dengan baik 2) pengorganisasian penerapan sistem tenaga kerja fungsional yang dapat memberikan hasil kinerja yang baik 3) pengarahan dilakukan dengan memberikan perintah pada setiap tahapan produksi sehingga kualitas batik sesuai dengan permintaan konsumen 4) pengawasan dilakukan dengan mencatat batas waktu untuk meminimalisir keterlambatan proses produksi. Pada pengawasan ini penginventarisasian jumlah unit batik dan biaya produksi tidak dilakukan secara maksimal hal ini menyebabkan lost cost terhadap biaya produksi dan persediaan batik melebihi kapasitas permintaan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285377

Actions (login required)

View Item View Item