Tradisi petik laut sebagai sumber ide pembuatan motif batik tulis khas Kabupaten Situbondo / Nita Dian Faradila</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Tradisi petik laut sebagai sumber ide pembuatan motif batik tulis khas Kabupaten Situbondo / Nita Dian Faradila</p>

Faradila, Nita Dian (2023) Tradisi petik laut sebagai sumber ide pembuatan motif batik tulis khas Kabupaten Situbondo / Nita Dian Faradila</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kabupaten Situbondo merupakan salah satu wilayah yang terletak di Jawa Timur yang memiliki pusat pemerintahan di Kecamatan Situbondo. Secara geografis wilayah ini yang terletak di pesisir utara pulau Jawa. Dari hasil laut yang melimpah di Kabupaten Situbondo itu memiliki tradisi ldquo Petik Laut rdquo . Petik laut merupakan upacara yang dilaksanakan secara turun temurun dari nenek moyang. Upacara tersebut bertujuan untuk masyarakat sekitar yang bekerja sebagai nelayan sebagai pengungkapan rasa syukur atas hasil laut yang melimpah. Pencipta mengambil budaya tersebut untuk dijadikan sebagai motif batik khas dari Kabupaten Situbondo karena pencipta ingin mengeksplor kebudayaan tersebut dan menambah motif batik Kabupaten Situbondo agar lebih berfariatif. Proses penciptaan ini menggunakan metode kreatif Ponimin (2021) yang diawali dengan tahapan eksplorasi dengan melakukan wawancara dan observasi merancang karya eksplorasi teknik perwujudan karya dan diakhiri dengan proses analisis karya. Dari konsep tersebut pencipta memvisualisasikan kepada 6 karya batik tulis yang berukuran 115 x 200 cm. Karya batik tulis ini memiliki konsep ldquo Ka rsquo atora sagh acirc r acirc rdquo diambil dari Bahasa madura yang memiliki arti ldquo Untuk Laut rdquo 6 karya batik tulis bertema tradisi petik laut ini memiliki judul Parao Lajh acirc r S egrave Utama T egrave ra rsquo na Mal egrave m D egrave ri Tana Bighi Kaodi rsquo en Karapo Macan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285341

Actions (login required)

View Item View Item