Kreasi seni merangkai bunga nusantara dengan media keramik khas Malang / Zafieqka Fitra Setianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Kreasi seni merangkai bunga nusantara dengan media keramik khas Malang / Zafieqka Fitra Setianingrum

Setianingrum, Zafieqka Fitra (2022) Kreasi seni merangkai bunga nusantara dengan media keramik khas Malang / Zafieqka Fitra Setianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu cara yang unik dalam mempresentasikan alam melalui karya seni adalah dengan seni merangkai bunga. Seni merangkai bunga cara paling sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja untuk membuat kriya seni. Kriya seni tersebut belum banyak menjadi tema garapan di era sekarang. Padahal seni merangkai bunga dapat digunakan sebagai sarana melatih motorik serta bertujuan menciptakan rasa keindahan dan perasaan sebagai bentuk dasar seni atau basic of art. Seni merangkai bunga Nusantara ini terinspirasi dari Ikebana yaitu seni merangkai bunga yang berasal dari Jepang. Gagasan ini muncul karena melimpahnya kekayaan alam di Nusantara. Disamping itu kota Malang kaya akan bunga dan kriya seninya menjadikan penulis berkeinginan untuk membuat karya cipta yang menggabungkan antara kekayaan alam di Nusantara dan kriya seni Malang. Dapat dirumuskan bahwa pencipta dapat mengetahui bagaimana konsep desain proses dan hasil visualisasi analisis merangkai bunga Nusantara dengan media keramik khas Malang. Kriya seni keramik yang digunakan dalam penciptaan ini ada beberapa jenis keramik mulai bakaran tinggi hingga bakaran rendah. Sesuai dengan metode proses penciptaan Gustami tahapan penciptaannya meliputi eksplorasi perencanaan dan perwujudan. Berdasarkan proses kreatif tersebut penulis menciptakan 5 karya yang berupa rangkaian bunga yang bertema Nusantara. Adapun judul karya Nyawiji/Kesatuan Kahyangan/Langit Jenggala/Hutan Sinaran/Cahaya Arunika/Merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2023 01:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285336

Actions (login required)

View Item View Item