Penerapan pbl dan pjbl untuk meningkatkan 4c menggambar poster siswa viii c smpn 2 malang / Holisatus Sadidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pbl dan pjbl untuk meningkatkan 4c menggambar poster siswa viii c smpn 2 malang / Holisatus Sadidah

Sadidah, Holisatus Sadidah (2023) Penerapan pbl dan pjbl untuk meningkatkan 4c menggambar poster siswa viii c smpn 2 malang / Holisatus Sadidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Malang terdapat beberapa permasalahan yang peneliti temui yaitu kurangnya kreativitas siswa dalam menggambar poster siswa tidak dapat menjawab soal esai secara mendalam siswa kurang mampu dalam bekerjasama dan berkolaborasi dengan kelompoknya serta kurangnya kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan 4C menggambar poster pada siswa. Model Kemmis dan Taggart digunakan pada PTK ini dengan menggunakan dua siklus. Observasi survei wawancara tes dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Metode kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk analisis data. Mengacu pada temuan studi tindakan kelas ini kemampuan 4C menggambar poster meningkat di setiap siklusnya. Pada pra tindakan memperoleh skor rata-rata sebesar 73 4 meningkat pada siklus I sebesar 78 8 dengan ketuntasan klasikal 59 4% serta meningkat sebesar 85 8 dengan persentase tuntas klasikal 93 75% pada siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dari siklus I ke siklus II skor rata-rata meningkat 8 18%. Dapat diketahui bahwa keterampilan 4C menggambar poster siswa kelas VIII C dapat meningkat dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning di SMP Negeri 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285335

Actions (login required)

View Item View Item