Prosesi sempalan dalam kesenian waranggana langen tayub tuban sebagai ide berkarya seni lukis / Setyo Waluyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Prosesi sempalan dalam kesenian waranggana langen tayub tuban sebagai ide berkarya seni lukis / Setyo Waluyo

Waluyo, Setyo Waluyo (2023) Prosesi sempalan dalam kesenian waranggana langen tayub tuban sebagai ide berkarya seni lukis / Setyo Waluyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prosesi sempalan merupakan suatu adegan atau aktivitas tambahan dalam kesenian waranggana langen tayub yang mempertontonkan unsur sexualitas dan sensualitas yang tinggi sehingga dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai kesenian yang tidak bermoral dan melanggar norma adat istiadat setempat. Permasalahan tersebut dipilih penulis untuk dapat dijadikan sebagai sumber pengkajian dan ide dalam penciptaan berkarya seni lukis representatif aliran romantisme. Tujuan penciptaan karya seni lukis ini adalah menciptakan sebuah karya seni lukis dengan permasalahan prosesi sempalan dalam kesenian waranggana langen tayub tuban menjelaskan proses berkarya seni lukis sesuai dengan metode dan permasalahan yang sudah ditentukan mendeskripsikan hasil pesan dan tujuan dari karya seni lukis yang telah diciptakan. Metode penciptaan karya seni lukis yang digunakan adalah metode Alma M. Hawkins metode ini berisikan tiga tahapan yaitu (1) Eksplorasi (2) Improvisasi atau Eksperimen (3) Perwujudan. Karya seni lukis yang dihasilkan berjumlah enam dengan perwujudan bentuk representatif imajinatif dan bervariatif sesuai dengan isi pesan yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285334

Actions (login required)

View Item View Item