Kaligrafi arab sholawat asy-syifa sebagai objek penciptaan karya seni lukis dekoratif / Hasbi Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Kaligrafi arab sholawat asy-syifa sebagai objek penciptaan karya seni lukis dekoratif / Hasbi Rahman

Rahman, Hasbi Rahman (2023) Kaligrafi arab sholawat asy-syifa sebagai objek penciptaan karya seni lukis dekoratif / Hasbi Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lukis kaligrafi arab ini merupakan seni murni yang merepresentasikan sebuah kondisi masyarakat kota Malang ditengah pandemi Covid-19 tentang cara bertahan dan menyikapi dampak situasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Penciptaan karya lukis kaligrafi yang terinspirasi dari lafad sholawat Asy-Syifa sebagai objek karya lukis bergaya dekoratif proses produksi karya lukis kaligrafi dekoratif yang terinspirasi dari lafad sholawat Asy-Syifa serta hasil karya berupa Kaligrafi Arab Sholawat Asy-Syifa dalam bentuk lukisan dekoratif dalam bentuk penyajian beserta analisisnya. Metode yang digunakan dalam Penciptaan ini menggunakan teori Alma Hawkins yang dimulai dengan Tahap Eksplorasi yakni penggalian informasi terhadap fenomena pada lingkungan kelurahan gading kasri kecamatan Klojen kota Malang tentang sikap warga terhadap pandemi COVID-19. Dari hasil informasi ditetapkannya sebuah ide gagasan untuk di ekspresikan ke dalam karya. Hasil penciptaan ini berupa karya seni kaligrafi arab dengan olah kreatif objek jenis khat tsuluts riq rsquo ah dan kufi yang divisualkan dengan gaya lukisan dekoratif berjumlah enam karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285332

Actions (login required)

View Item View Item