Pengembangan e-book berbasis motorik untuk pembelajaran tematik tema rekreasi pada anak tk b / Athiqo Arif Mufidah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book berbasis motorik untuk pembelajaran tematik tema rekreasi pada anak tk b / Athiqo Arif Mufidah</p>

Mufidah, Athiqo Arif (2022) Pengembangan e-book berbasis motorik untuk pembelajaran tematik tema rekreasi pada anak tk b / Athiqo Arif Mufidah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan motorik halus pada anak TK masih kurang berkembang dikarenakan suatu permasalahan yang terjadi yakni kurangnya media pembelajaran yang bersifat digital aplication serta kurangnya kemenarikan media dalam hal meningkatkan kemampuan motorik halus anak yang menjadikan anak malas dan tidak tertarik dalam pelajaran tersebut. sehingga perkembangan motorik halus anak kurang berkembang pesat. Penelitian pengembangan ini memiliki beberapa tujuan yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-book mengetahui hasil uji coba e-book serta mengetahui tingkat kelayakan e-book dalam pembelajaran motorik halus. E-book yang dikembangkan berisi video tutorial menganyam yang mana video tersebut berbentuk aplikasi sehingga memudahkan anak belajar baik disekolah maupun dirumah selain itu video tersebut dilengkapi dengan ilustrasi dan animasi sehingga akan menarik minat anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. Model penelitian mengikuti usulan Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan dalam riset dan pengembangan. Pendekatan kuantitatif diaplikasikan guna mencapai tujuan riset ini. Penelitian dilakukan di TK Muslimat NU Sugio dengan subyek sebanyak 6 anak dengan jumlah keseluruhan 12 anak. Hasil dari penelitian yang didapat membuktikan bahwa kevalidan ahli materi mendapatkan skor 90% kevalidan ahli media 85% sedangkan kevalidan dari hasil angket responden uji pelaksanaan lapangan dengan skor 86%. Berdasarkan hasil persentase yang didapat pengembangan media masuk dalam klasifikasi layak dan dapat dugunakan dalam pembelajaran motorik halus anak TK B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285331

Actions (login required)

View Item View Item