Pemandangan alam tiris - probolinggo sebagai ide penciptaan karya seni lukis naturalisme / Nurjannatunaimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemandangan alam tiris - probolinggo sebagai ide penciptaan karya seni lukis naturalisme / Nurjannatunaimah

Nurjannatunaimah (2023) Pemandangan alam tiris - probolinggo sebagai ide penciptaan karya seni lukis naturalisme / Nurjannatunaimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Tiris - Probolinggo memiliki objek keindahan dan pariwisata yang sangat beragam diantaranya adalah hamparan perkebunan teh Gambir arung jeram Sungai Pekalen Danau Ranu Agung dan air terjun yang banyak diantaranya masih belum dikenal dan diketahui oleh khalayak. Karya seni lukis naturalisme dengan objek pemandangan alam Tiris diciptakan untuk menuangkan kekaguman pencipta terhadap keindahan alam yang ada juga sebagai upaya untuk memperkenalkan keindahan alam Tiris - Probolinggo kepada masyarakat lebih luas. Penciptaan kerya seni dlakukan untuk mendeskripsikan kosep proses dan bentuk visual dari kerya seni lukis naturalisme pemandangan alam Tiris. Proses penciptaan karya seni lukis menggunakan teori penciptaan seni oleh Alma Hawkins yang memiliki tiga tahapan antara lain tahap eksplorasi improvisasi dan pembentukan atau forming. Bentuk visual dari karya yang dihasilkan adalah karya seni rupa dua dimensi dengan objek yang sepenuhnya terinspirasi dari keindahan alam Tiris dengan mengemban prinsip perspektif skala komposisi dengan teknik goresan ekspresif dan finger painting. Penciptaan karya seni lukis menghasilkan enam karya naturalisme dengan judul Lili air Ranu Agung Aliran Sungai Pekalen Argopuro dan Hamparan Teh Sudut Ladang Air Terjun Mukjizat yang Tersembunyi serta Ranu Agung dan Gunung Lemongan. Hasil penciptaan diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat tentang keindahan alam Tiris - Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285329

Actions (login required)

View Item View Item