Penciptaan souvenir keramik bertema barongan kediri untuk memperkaya ragam produk umkm setempat / ASRIFATUL LAILIN - Repositori Universitas Negeri Malang

Penciptaan souvenir keramik bertema barongan kediri untuk memperkaya ragam produk umkm setempat / ASRIFATUL LAILIN

Lailin, Asrifatul Lailin (2023) Penciptaan souvenir keramik bertema barongan kediri untuk memperkaya ragam produk umkm setempat / ASRIFATUL LAILIN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penciptaan souvenir keramik bertema Barongan Kediri penting dilakukan hal ini untuk memperkuat aspek citra visual Kediri sebagai kawasan yang memiliki kesenian unggulan berupa Barongan. Penciptaan kesenian Barongan dalam bentuk souvenir keramik diharapkan mampu memperkuat Kediri sebagai kawasan budaya. Sehingga produk ini dapat meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM dan dikembangkannya secara luas. Penciptaan karya bertujuan untuk menganalisa konsep souvenir keramik bertema Barongan Kediri visualisasi karya dan hasil perwujudan karya. Untuk mencapai hal tersebut maka pentingnya menerapkan metode kreatif. Pencipta menggunakan metode SP. Gustami yang dimulai dari tahap eksplorasi tahap perancangan dan diakhiri dengan tahap perwujudan. Hasil dari penciptaan ini ialah enam karya souvenir keramik bertema Barongan Kediri yang berjudul Gemang Poci Armala Wasil Asbak dan Polas. Karya yang telah dibuat dengan packaging yang mudah dibawa. Proses pembuatan karya diawali dengan membuat cetakan model membuat alat cetak mencetak badan keramik membuat ornamen mengeringkan karya proses pewarnaan proses Glasir dan pembakaran. Selain itu pada tahap akhir penciptaan dilakukan gelar karya sebagai kegiatan evaluasi terhadap karya yang telah diciptakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285327

Actions (login required)

View Item View Item