Representasi visual seni media interaktif logat cah di logat arek / Rio Ari Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Representasi visual seni media interaktif logat cah di logat arek / Rio Ari Firmansyah

Firmansyah, Rio Ari Firmansyah (2022) Representasi visual seni media interaktif logat cah di logat arek / Rio Ari Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jawa Timur memiliki karakter atau ciri khas dialek yang bermacam-macam. Wilayah Jawa Timur Bagian Barat dengan dialek Mataraman serta Jawa Timur Bagian Tengah dengan dialek Arekkan. Jika pada wilayah Jawa Timur Bagian Barat dikenal logat Cah sebagai bahasa yang halus dan kalem tetapi pada daerah Jawa Timur Bagian Tengah dikenal sebagai kebalikannya yaitu logat Arek sebagai bahasa yang tegas dan agak kasar. Perbedaan-perbedaan pada variasi kosa-kata pada logat Mataraman/Cah di logat Arek/Arekkan itulah yang menjadi faktor utama munculnya ide yang diangkat sebagai konsep penciptaan. Perupa terinspirasi dari pengalaman pribadinya saat berada di lingkungan logat Arek/Arekkan Kota Malang menjadi saksi selama masa kuliah sehingga termotivasi untuk mengangkat tema tersebut kedalam dasar konsep penciptaan seni media interaktif/seni instalasi. Karya seni media interaktif yang mempunyai jenis instalasi Site-Specific sehingga karya tersebut menjadi pemicu munculnya suatu konsep penciptaan karya seni yang akan melebur menjadi satu dengan ruang tersebut. Perupa mencoba memunculkan konsep logat ke dalam penciptaan karya seni yang secara langsung melibatkan penikmat seni dengan karya seni. Metode yang digunakan pada proses penciptaan karya seni ini adalah metode L. H. Chapman yaitu (1) Tahap permulaan (2) Tahap penyempurnaan (3) Tahap penyelesaian. Perwujudan dari penciptaan seni media interaktif ini berjumlah 6 karya sekaligus menjadi tujuan dari perupa yang secara langsung melibatkan penikmat seni kedalam karya seni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285325

Actions (login required)

View Item View Item