PENGEMBANGAN MAJALAH DAN GAME WORDWALL SEJARAH (MAWAS) PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS XI IPS DI SMA NU PAKIS - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGEMBANGAN MAJALAH DAN GAME WORDWALL SEJARAH (MAWAS) PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS XI IPS DI SMA NU PAKIS

Shary, Linggar Charista (2023) PENGEMBANGAN MAJALAH DAN GAME WORDWALL SEJARAH (MAWAS) PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS XI IPS DI SMA NU PAKIS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Majalah dan game wordwall merupakan media pembelajaran inovatif yang mengemas materi secara menarik dalam bentuk majalah kemudian terdapat game wordwall sejarah sebagai tempat untuk mengasah pemahaman dari materi yang disajikan. SMA NU Pakis menjadi lokasi penelitian yang akan mengakses media pembelajaran majalah dan game wordwall sejarah sebagai media pendukung untuk kegiatan pembelajaran. SMA NU Pakis merupakan sekolah yang memiliki fasilitas yang memadai, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Berdasarkan hal itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa majalah dan game wordwall sejarah supaya dapat menjadikan kegiatan pembelajan lebih interaktif dan menarik bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa majalah dan game wordwall sejarah sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah guru sejarah dan peserta didik di SMA NU Pakis. Pada pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Instrumen angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2016). Adapun tahapan penenilitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi desain, (8) uji coba pemaikan, (8) revisi produk, (9) produksi masal. Pada proses pengembangan produk meliputi dua tahap validasi yaitu validasi materi kepada Bapak Arif Subekti, S.Pd., M.A dan validasi media kepada Bapak Wahyu Djoko Sulistyo, S.Pd., M.Pd. Subjek uji coba penelitian yaitu kelas XI IPS SMA NU Pakis dengan 5 responden untuk uji coba kelompok kecil dan pada kelompok besar melibatkan 20 responden. Produk tersebut dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi mendapatkan skor 94% dari validator materi dan 92% dari validator media. Pada uji coba produk dalam kelompok kecil mendapatkan skor 91% dan pada kelompok besar mendapatkan skor 96% berdasarkan perhitungan melalui rumus dari Akbar (2013). Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan untuk kelas XI IPS di SMA NU Pakis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: majalah, game wordwall, peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 16 May 2023 01:18
Last Modified: 16 May 2023 01:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item View Item