Peran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) magang terhadap pengembangan soft skill mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman Universitas Negeri Malang / Imam Syahid Hasan Al Banna - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) magang terhadap pengembangan soft skill mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman Universitas Negeri Malang / Imam Syahid Hasan Al Banna

Banna, Imam Syahid Hasan Al Banna (2023) Peran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) magang terhadap pengembangan soft skill mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman Universitas Negeri Malang / Imam Syahid Hasan Al Banna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis soft skill yang dikembangkan mahasiswa melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) magang mendeskripsikan relevansi soft skill yang dihasilkan dari program MBKM magang dengan kebutuhan pasar kerja dan mendeskripsikan pandangan mahasiswa serta perusahaan mitra MBKM magang terhadap kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang khususnya dalam pengembangan soft skill mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan lembar pedoman angket dan wawancara sebagai instrumen penelitian. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa peserta dan perusahaan mitra program MBKM magang Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang. Teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan kepada responden dan narasumber melalui Google Form Whatsapp Zoom dan voice recorder handphone. Hasil penelitian menunjukkan jenis soft skill yang paling dominan para mahasiswa dapat dan kembangkan setelah mengikuti program MBKM magang yakni tanggung jawab manajemen waktu kemampuan bekerja sama berpikir kreatif kemampuan berkomunikasi dan beradaptasi. Menurut para perusahaan mitra jenis soft skill yang didapat dan dikembangkan oleh mahasiswa selama mengikuti program MBKM magang sudah cukup relevan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja saat ini. Hasil penelitian juga menunjukkan hampir seluruh stakeholder yakni mahasiswa dan perusahaan sepakat bahwa kurikulum memiliki peran penting dalam proses pembelajaran dan pengembangan soft skill mahasiswa di kampus serta seluruh hasil masukan yang diberikan para stakeholder memberi suatu pandangan baru dalam mengembangkan kurikulum agar sejalan dengan dunia kerja modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285049

Actions (login required)

View Item View Item