Armando, Zico (2012) Studi Komparatif Tentang Pengunaan Flash Card dan Buku Ajar dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas II Smester Ganjil SDN Bareng 3 Malang tahun ajaran 2011 ÔÇô 2012. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Bahasa Inggris Komparatif Media Flash Card Buku Ajar Kosakata. Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris guru perlu menggunakan media pembelajaran namun dalam kenyataannya guru tidak selalu menggunakan media siswa hanya disuruh mendengarkan dan mengerjakan soal. Apabila hal ini dilakukan pada anak kelas rendah maka anak lebih cenderung cepat menjadi bosan anak lebih tertarik dengan hal-hal yang baru dan rasa ingin tahunya tinggi. Apabila guru menggunakan media pembelajaran yang menarik maka siswa akan tertarik untuk belajar. Salah satu alteratif yang menarik dalam pembelajaran adalah penggunaan berbagai media. Dalam hal ini media yang dimaksud adalah media Flash Card dan Buku ajar. Flash card merupakan segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran untuk menyampaikan informasi agar lebih jelas dari pada yang dapat diungkapkan dengan kata-kata. Sedangkan buku ajar merupakan suatu sajian dalam bentuk cetak yang disusun secara logis dan sistematis. Penguasaan kosakata adalah keberhasilan siswa dalam mengetahui kata-kata dalam Bahasa Inggris yang berwujud skor yang diperoleh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah studi Komparatif. Populasi siswa kelas II SDN Bareng 3 Malang tahun ajaran 2011/2012. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IIA dan IIB. Data diperoleh melalui subyek penelitian dengan menggunakan tes berupa soal yang nantinya diisi oleh siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah denan cara membandingkan nilai rata-rata kedua kelompok. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai rata-rata (mean) skor kelompok kelas yang menggunakan flash card sebesar 85 6 dan nilai rata-rata kelompok yang diajar dengan menggunakan buku ajar sebesar 72 6 sehingga dapat disimpulkan bahwa kelompok yang diajar dengan menggunakan flash card mempunyai tingkat penguasaan kosakata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang diajar dengan menggunaka buku ajar. Dengan kata lain media flash card lebih efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kalas II SDN Bareng III Malang. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan pada guru Bahasa Inggris agar menggunakan media pembelajaran flash card sebagai alternatif dalam merencanakan proses pembelajaran karena dapat meningkatkan Penguasaan Kosakata siswa. Bagi Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan media pembelajaran yang lain pada meteri selain things in the class room.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |