Pengembangan panduan program kegiatan 15 menitan untuk mendukung literasi pada jenjang smp / Cindy Rizky Rati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan program kegiatan 15 menitan untuk mendukung literasi pada jenjang smp / Cindy Rizky Rati

Rati, Cindy Rizky Rati (2023) Pengembangan panduan program kegiatan 15 menitan untuk mendukung literasi pada jenjang smp / Cindy Rizky Rati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program kegiatan 15 menitan yang dapat dimanfaatkan siswa SMP pada saat aktivitas literasi di kelas. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahap yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Uji produk dilakukan dengan memberikan angket kepada subjek uji coba. Uji coba dilakukan kepada ahli media ahli praktisi atau guru bahasa Indonesia dan 20 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Singosari. Produk yang dikembangkan adalah tiga kegiatan membaca yang dilakukan selama literasi 15 menit yang meliputi kegiatan membaca untuk menuliskan cerita kegiatan membaca untuk menuliskan tokoh kegiatan membaca untuk menuliskan refleksi. Produk yang dikembangkan dengan memperhatikan tiga aspek utama yaitu (1) kelayakan aspek deskripsi isi (2) kelayakan aspek tampilan (3) kelayakan aspek kebahasaan. Hasil uji coba ahli media ahli praktisi dan uji lapangan sebagai berikut (1) kelayakan aspek isi memperoleh skor rata-rata 85 3% (2) kelayakan aspek tampilan memperoleh skor rata-rata 86 27% dan (3) kelayakan aspek bahasa memperoleh skor rata-rata 92 75%. Berdasarkan kriteria kelayakan minimal skor produk tergolong sudah layak diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284623

Actions (login required)

View Item View Item