Kesalahan berbahasa pada teks eksposisi karya siswa Kelas VIII- e SMPN 1 Malang / Sonia Azizah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan berbahasa pada teks eksposisi karya siswa Kelas VIII- e SMPN 1 Malang / Sonia Azizah</p>

Azizah, Sonia (2023) Kesalahan berbahasa pada teks eksposisi karya siswa Kelas VIII- e SMPN 1 Malang / Sonia Azizah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam kurikulum jenjang SMP. Salah satu jenis teks yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah teks eksposisi yang berisi tentang informasi secara singkat dan faktual. Jenis teks ini berfungsi untuk menyampaikan sebuah hasil pemikiran mengenai suatu topik yang bersifat ilmiah tetapi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Jenis teks ini bertujuan untuk menjelaskan informasi penting dari topik yang dibahas agar pembaca mendapatkan pengetahuan tambahan lebih rinci. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa pada teks eksposisi karya siswa kelas VIII E SMPN 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif karena peneliti menyajikan uraian mengenai kesalahan berbahasa pada teks eksposisi karya siswa kelas VIII E SMPN 1 Malang dengan menggunakan kata-kata. Data dalam penelitian ini berupa kutipan kalimat yang mengandung kesalahan berbahasa dalam teks eksposisi karya siswa kelas VIII E SMPN 1 Malang. Sedangkan sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah teks eksposisi karya siswa kelas VIII E SMPN 1 Malang sebanyak 29 teks eksposisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi teks. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai kesalahan berbahasa teks eksposisi karya siswa kelas VIII E SMPN 1 Kota Malang yaitu (1) kesalahan ejaan (2) kesalahan diksi dan (3) kesalahan kalimat. Kesalahan berbahasa pada ejaan meliputi (1) kesalahan huruf kapital dan (2) kesalahan tanda baca. Kesalahan berbahasa pada diksi meliputi (1) kesalahan diksi yang mubazir dan (2) kesalahan diksi yang ambigu. Kesalahan berbahasa pada kalimat meliputi (1) penggunaan kalimat rancu dan (2) penggunaan kalimat tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya beberapa kesalahan berbahasa pada teks eksposisi karya siswa kelas VIII E SMPN 1 Malang yang disebabkan kurangnya frekuensi latihan rendahnya penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari koreksi kesalahan berbahasa yang kurang dan pemakaian bahasa Indonesia yang diintegrasikan dengan unsur bahasa lain. Berdasarkan simpulan hasil penelitian dapat dikemukakan saran sebagai berikut. Pertama bagi guru bahasa Indonesia agar memperhatikan penggunaan ejaan diksi dan kalimat yang terdapat dalam teks eksposisi karya siswa di kelas. Kedua mahasiswa yang ingin melakukan penelitian sejenis disarankan untuk melakukan penelitan pada jenjang pendidikan yang berbeda dan jenis teks yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284607

Actions (login required)

View Item View Item