Estetika makna lirik lagu banyuwangi “dhonge mekar” sebagai ajaran etika seksual orang jawa / Septian Andri Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Estetika makna lirik lagu banyuwangi “dhonge mekar” sebagai ajaran etika seksual orang jawa / Septian Andri Santoso

Santoso, Septian Andri Santoso (2022) Estetika makna lirik lagu banyuwangi “dhonge mekar” sebagai ajaran etika seksual orang jawa / Septian Andri Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lagu merupakan salah satu karya sastra yang berkembang di Indonesia. Lagu daerah adalah lagu Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri baik dari bahasanya yang menyusun liriknya maupun kandungan maknanya. Lagu ldquo Dhonge Mekar rdquo yang diciptakan oleh Endro Wilis merupakan lagu daerah dari Banyuwangi yang mempunyai makna kehidupan dalam baris-baris liriknya oleh karena itu lagu ini menarik untuk dikaji dari sisi etika seksual Jawa jika dikaitkan dengan fenomena pergaulan pada era sekarang. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap ajaran kehidupan di dalam lirik lagu tersebut ajaran kehidupan dalam menghadapi globalisasi yang ada keterkaitannya dengan aturan seksual orang Jawa. Penelitian ini menggunakan teori etika Jawa yang dikembangkan oleh Franz Magnis Suseno. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dihasilkan dengan teknik wawancara langsung dengan ahli warisnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Analisis data dipaparkan dalam bentuk uraian dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lirik lagu ldquo Dhonge Mekar rdquo mengandung ajaran etika seksual orang Jawa. Ajaran tersebut meliputi sebab pencegahan serta dampak dari melakukukan dan menghindari tindakan seks bebas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284606

Actions (login required)

View Item View Item