Dukungan sosial orang tua pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa dan sekolah inklusif malang / Muthya Firagil Restuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Dukungan sosial orang tua pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa dan sekolah inklusif malang / Muthya Firagil Restuti

Restuti, Muthya Firagil Restuti (2023) Dukungan sosial orang tua pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa dan sekolah inklusif malang / Muthya Firagil Restuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Restuti Muthya F. 2023. Dukungan Sosial Orang Tua Pada Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Inklusif Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ranti Novianti M.Pd. (II) Muchammad Irvan S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Dukungan Sosial Orang Tua Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Dukungan orang tua merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi motivasi anak dalam belajar. Dengan adanya dukungan dari orang tua dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Pendidikan anak bukan hanya tanggung jawab guru namun peran serta orang tua juga sangat dibutuhkan untuk pembelajaran terutama saat anak di rumah. Maka dari itu pola asuh orang tua sangat penting untuk keberhasilan pendidikan anak. Orang tua memiliki peran sebagai pendamping memiliki tugas untuk membantu dan mendampingi anak berkebutuhan khusus hingga menjadi anak yang mandiri. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat dukungan sosial orang tua pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Inklusi Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. pengambilan sampel akan dilakukan secara acak (Random Sampling) berdasarkan dengan letak geografis wilayah di kota Malang. Peneliti memilih untuk mengambil sampel 6 SLB di Kota Malang dan juga 6 Sekolah Inklusi yang menjalankan sistem inklusi di Kota dan Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan pada penilitian ini menggunakan metode studi lapangan dimana peneliti akan mengumpulkan data yang diperoleh dari lokasi penelitian melalui angket/kuisoner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Data akan dianalisis melalui statistik Penelitian ini menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Neta Sepfitri tahun 2011 berdasarkan aspek dukungan sosial menurut Sarafino tahun 1994. Aspek dukungan sosial menurut sarafino tahun 1994 terdiri dari dukungan emosional dukungan penghargaan dukungan instrumental dukungan informasi dan dukungan jaringan sosial. Hasil data yang diperoleh dari 66 responden dari SLB menujukkan 12 responden masuk kategori rendah dengan presentase 18 2% 41 responden masuk kategori sedang dengan presentase 62 1% memiliki dan 13 responden masuk kategori tinggi dengan presentase 19 7%. Hasil data yang diperoleh dari 52 responden dari sekolah inklusi menunjukkan 7 responden masuk kategori rendah dengan presentase 13 5% 35 responden masuk kategori sedang dengan presentase 67 3% dan 10 responden masuk kategori tinggi dengan presentase 19 2%.. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa tingkat dukungan sosial orang tua terhadap kualitas belajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa dan Sekolah inklusi Malang masuk ke dalam tingkat sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284432

Actions (login required)

View Item View Item